• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Check In di Bandara Kualanamu Pakai Scan Barcode

Kamis, 30 Mei 2013 00:45 WIB
Check In di Bandara Kualanamu Pakai Scan Barcode
NET
Bandara Kualanamu

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Angkasa Pura II menguji command use check in system di Bandara Kualanamu yang direncanakan bakal beroperasi pada 25 Juli mendatang.

"Seluruh airline yang saat ini beroperasi di Polonia kami undang, untuk mengetes sistem check ini di Bandara Kualanamu," kata Ali Sofyan, Service Manager Bandara Polonia Angkasa Pura II di Medan, Rabu (29/5/2013).

Total maskapai yang ikut dalam pengujian di Kualanamu, sebanyak 16 airline. Ali mengungkapkan, sistem check in di Kualanamu akan mengalami banyak perubahan, dari yang sudah dilakukan di Polonia Medan.

Menurut Ali Sofyan, sistem check in yang akan diberlakukan di Kualanamu, semuanya menggunakan scan barcode. Barcode inilah yang akan terintegrasi dengan pola bagasi (bagage handling system).

"Boarding pass juga sudah masuk dalam sistem check in tadi," jelasnya.

Boarding pass, lanjutnya, juga dikeluarkan petugas airline. Berbeda dengan di Polonia, tutur Alian, di mana calon penumpang harus melalui pemeriksaan X-ray dulu, baru memasuki hall check in.

"Di Kualanamu tidak ada pemeriksaan X-ray saat memasuki hall check in, jadi penumpang maupun orang lain boleh masuk di hall check in," paparnya.

Dengan sistem yang akan diterapkan di Kualanamu, memungkinkan keluarga menemani calon penumpang sampai ke hall check in.

Namun, ketika sudah memasuki steril area, tidak diperkenankan selain penumpang bisa memasuki area tersebut.

Sebelumnya, ada permintaan dari agen travel seperti yang disampaikan Solahudin Nasution, Ketua Association Of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Sumut, agar airport tax disatukan dengan tiket pesawat.

Menjawab hal ini, Ali Sofyan mengungkapkan kebijakan tersebut dikembalikan ke masing-masing airline, untuk menyederhanakan sistem pembayaran tiket pesawat.

"Itu nanti para airline lah memberikan solusinya kepada para agen-agen, karena mereka yang berhubungan dengan para agen tersebut. Kami di sini hanya melakukan sosialisasi sistem check in kepada para airline," urainya. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1845511 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas