• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Aparat Segel Tempat Penyulingan Gas Ilegal di Batuampar

Jumat, 31 Mei 2013 09:57 WIB
Aparat Segel Tempat Penyulingan Gas Ilegal di Batuampar
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Ribuan tabung gas ilegal

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Keberanian aparat pemerintah melakukan penggerebekan tempat penyulingan gas elpiji ilegal di Batuampar Batam mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Bahkan sejumlah warga berharap tindakan tegas juga dilakukan di tempat-tempat lainnya, yang mereka ketahui cukup marak di beberapa wilayah di Batam.

Mengenai kelanjutan penanganan secara hukum penyegelan tempat penyulingan gas ilegal oleh CV Gentama Surya di Batu Merah, pihak Polsek Batuampar tengah memeriksa tiga orang saksi.

Kapolsek Batu Ampar, Kompol Zaenal Arifin menyebutkan mereka yang diperiksa yakni pemilik gudang, sopir lori dan pemilik lori.

"Baru tiga orang saksi yang kami periksa," katanya tanpa menyebutkan nama terperiksa, Kamis (30/5/2013).

Untuk gudang yang dijadikan penyulingan gas ilegal yang dalam struktur perusahaannya dipimpin oleh Han Sun Lai itu, Zaenal menyatakan masih dipasang garis polisi. Ia memastikan hingga kemarin tidak beropersi.

Wakil Wali Kota Batam Rudi, bersama Kapolsek Batu Ampar Kompol Zaenal Arifin beserta Disperindag Batam melakukan penggeledahan gudang elpiji milik CV Gentama Surya Batu Merah Industri, Rabu (29/5/2013).

Dalam penggeledahan ditemukan tabung gas 12 kg, 14 kg, 50 kg dan 95 kg yang jumlahnya mencapai ratusan. Ke tempat itu justru agen-agen mengirimkan tabung gas penuh isi, padahal bukan pangkalan atau konsumen.

Selain ditemukan instalasi peralatan penyulingan, ditemukan pula plastik-plastik segel yang tidak sama dengan segel asli dari agen resmi.

Qodri tokoh masyarakat Bengkong, satu di antara warga masyarakat di Batam, kepada Tribun Batam (Tribunnews.com Network) mengungkapkan, cukup lega ketika mendengar adanya keberanian aparat pemerintah menindak tegas gudang penyulingan gas ilegal. Sebab praktik-praktik serupa sudah lama menjadi rahasia umum dan bisa dicek langsung sewaktu-waktu di sejumlah tempat di Batam.

Di kawasan bengkong sendiri, diakui Qodri cukup banyak gudang gas yang belakangan dijadikan tempat penyulingan gas 3 kg ke tabung gas 12 kg atau ke tabung gas Singapura.

"Di Bengkong setidaknya ada tiga lagi gudang penyulingan gas ilegal, yakni milik Daniel, Eni dan Indra," katanya.

"Kalau mau ditangkap bukanlah hal sulit, masuk saja ke belakang pasar Cik Puan, pasti menemukan gudang penyulingan gas tersebut," ungkapnya.

Untuk di Batuampar, disebutkannya, juga masih ada gudang yang melakukan penyulingan gas 3 kg, meski sudah di police line oleh jajaran Polda Kepri, yakni PT Eka Delta Mas milik Hari.

"Lokasi memang ditutupi tembok setinggi 2,5 meter," ujarnya.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Batam
0 KOMENTAR
1850832 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas