• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 13 Juli 2014
Tribunnews.com

Panwaslukada Wajo Nilai KPU Hambat Tahapan

Jumat, 31 Mei 2013 16:08 WIB
Panwaslukada Wajo Nilai KPU Hambat Tahapan
ist
Logo Panwaslu

Laporan Reporter Tribun Timur Mahyuddin

TRIBUNNEWS.COM WAJO --Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Panwaslu Kada) Wajo menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo menghambat tahapan Pemilukada Wajo. Hal itu berdasarkan kurangnya sosialisasi KPU Wajo terkait tahapan Pemilukada Wajo yang mestinya sejak awal telah disampaikan kepada masyarakat dan bakal calon bupati yang ada.

"Harusnya KPU Wajo, sudah mensosialisasikan tahapan KPU kepada masyarakat dan calon, karena tahapan sangan penting. Dari segi fungsi, Panwaslu sendiri mengawasi taat waktu, taat prosedur dan taat asas. Bagaimana mau taat waktu kalau sosialisasi kurang ke masyarakat," ungkap Ketua Panwaslukada Wajo Andi Mallarangeng, Jumat (31/5/2013).

Ia menambahkan, KPU harus meningkatkan sosialisasinya karena jika sosialisasi itu tidak berjalan baik maka KPU menyalahi aturannya sendiri. Menurut Andi Mallarangeng, sosialisasi KPU harus berdifat meluas dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Ia juga menyebutkan, pihaknya akan mengkaji kembali aturan KPU tersebut dan akan merekomendasikannya kepada KPU agar segara memperbanyak sosialisasi.

Sementara Ketua KPU Wajo Andi Nurwana memaparkan, pihaknya telah meminta setiap devisi KPU menjalankan tugas sesuai fungsinya. Seperti tahapan sosialisasi sudah diberikan kepada Devisi Sosialisasi dan ESDM untuk memperbanyak tahapan sosialisasi.

Adapun Devisi Sosialisasi dan ESDM Andi Rahmat Munawar menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan bahan sosialisasi untuk tahapan pemilihan bupati dan legislatif. Ia menambahkan, KPU Wajo menjadwalkan akan mendistribusikan semua alat sosialisasi awal bulan Juni nanti.
Adapun yang telah disiapkan berupa spanduk tentang pemutahiran data yang disiapkan 10 untuk di kabupaten, 176 untuk di desa dan kelurahan serta 14 untuk di kecamatan. Selain itu, ada juga yang berupa poster tentang tahapan dan selebaran tentang pemutahiran data.

"Kami juga sudah menjalankan dua tahapan sosialisasi pertemuan baik untuk Pilbup dan legislatif dan dihadiri oleh Panwas sendiri. Adapun pertemuan untuk tahapan legislatif akan diselesaikan Juni ini dengan menjadwalkan enam pertemuan tatap muka," ungkap Rahmat. (Yud)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas