Senin, 2 Februari 2015
Tribunnews.com

Waspadai Konflik Pemilihan Wali Kota di Jambi

Minggu, 2 Juni 2013 00:52 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Jelang Pemilihan Wali kota Jambi yang akan dihelat 29 Juni mendatang, masyarakat diminta untuk mewaspadai adanya potensi konflik.

Potensi konflik ini terjadi mulai dari pemilih eksodus, modus penggelembungan suara, hingga potensi bentrok fisik. Dari potensi itu ada daerah yang diprioritaskan untuk diawasi. Bahkan potensi konflik itu bahkan sudah muncul jauh sebelum pelaksanan pilwako itu sendiri.

Seperti yang disampaikan Ketua Lembaga Pemantau Pilwako Forum RT Anas Bafadhol, potensi konflik yang akan muncul itu tidak jauh dari konflik pilwako periode lalu. Harusnya ini menjadi pelajaran agar konflik itu tidak terjadi, apalagi potensi konflik tersebut sudah terjadi.

"Potensi konflik yang akan terjadi adalah mulai dari membagi-bagikan sembako hingga penggelembungan suara dan eksodus pemilih," ujar Anas Bafadhal pada Tribun, Sabtu (1/6).

Anas menambahkan potensi konflik seperti penggelembungan suara terjadi dengan berbagai cara. Pertama adalah tingkat kecurangan yang melibatkan pengurus RT sebagai tim sukses calon.

Menurutnya setiap TPS nantinya akan diberikan 2,5 persen kertas tambahan dari DPT yang ada, dari situlah akan ada yang menyalahgunakan surat suara tersebut.

"Kalau saja ada 10 suara per TPS yang di tambahi, maka kalau dijumlahkan TPS yang ada, akan signifikan," katanya lagi.

Halaman12
Editor: sanusi
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas