• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

Abubakar-Yayat Menangkan Pilkada Bandung Barat Tanpa Hambatan

Selasa, 4 Juni 2013 02:46 WIB

TRIBUNNEWS.COM, PADALARANG - Pasangan Abubakar-Yayat T Soemitra dipastikan melenggang tanpa hambatan menuju hari pelantikan yang telah ditetapkan sesuai jadwal 17 Juli mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menyerahkan hasil pemilihan umum kepala daerah atau Pilkada Bandung Barat kepada menteri dalam negeri (mendagri) melalui gubernur Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan, karena KPU memastikan tak ada satu pun pihak yang menolak atau menggugat hasil pemilukada yang digelar 19 Mei lalu.

Ketua KPU KBB, Asep Mamat, mengatakan pihaknya telah menyampaikan hasil penetapan bupati dan wakil bupati KBB terpilih kepada semua pihak yang berkepentingan khususnya kepada gubernur dan DPRD Jabar serta bupati dan DPRD KBB terkait pasangan calon terpilih.

"Hingga batas waktu terakhir (Rabu,29 Mei) untuk pengajuan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, ternyata tidak ada pihak yang mengajukan gugatan," kata Asep Mamat kepada wartawan di Padalarang, Minggu (2/6/2013).

Dijelaskan Asep, KPU sebenarnya telah menunggu bagi pihak mana pun yang merasa tidak puas atau keberatan atas perolehan suara dan hasil pemilukada KBB untuk mengajukan gugatan ke MK. Namun, kata dia, hingga kini tak ada satu pun pihak yang mengajukan gugatan atau keberatan ke MK.

"Kami bahkan mengecek langsung ke MK. Memang tidak ada yang mengajukan gugatan terkait hasil pemilukada Bandung Barat 19 Mei kemarin," kata Asep.

Penyampaian hasil pemilukada kepada gubernur itu, lanjut dia, juga sebagai tanda berakhirnya tugas KPU sebagai penyelenggara pemilukada KBB. Sebab, kata dia, pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih menjadi ranah DPRD KBB.

Menurut dia, setelah pihaknya menetapkan serta menyerahkan hasil pemilukada KBB itu kepada mendagri melalui gubernur, agenda selanjutnya yakni melantik pasangan terpilih sebagai bupati dan wakil bupati KBB periode 2013-2018. Pelantikan sendiri, kata dia, direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Sekretaris DPRD KBB Asep Wahyu mengakui jika pihaknya telah menerima berkas rencana pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih yaitu Abubakar-Yayat Soemitra, pada akhir pekan lalu. "Ya, suratnya sudah kami terima. Pelantikannya tanggal 17 Juli mendatang," kata Asep Wahyu.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi suara di 16 kecamatan yang ditetapkan pada Jumat (24/5) lalu, KPU KBB menetapkan pasangan calon nomor urut 5 Abubakar-Yayat T Soemitra sebagai pemenang pemilukada KBB. Pasangan yang diusung PDIP, PKB, PBB, PKNU, dan PKPI itu memperoleh raihan suara sebanyak 387.901 suara atau setara dengan 49,99 persen.

Sedangkan pesaing terdekatnya, pasangan nomor urut 4, Erni R Ernawan-Samsul Ma'arif yang diusung Partai Golkar, PPP dan PAN hanya mengantongi suara sebesar 19,62 persen atau setara dengan 152.229 suara. Di posisi ketiga ada pasangan nomor urut 2, Aep Nurdin-Kosasih. Pasangan yang diusung PKS dan Partai Demokrat itu meraih 102.581 suara atau 13,22 persen.

Sedangkan posisi keempat ditempati oleh pasangan Djamu Kertabudi-Agus Yasmin yang diusung Partai Gerindra, Hanura, dan belasan partai nonparlemen. Pasangan nomor urut 3 itu hanya meraih 89. 934 suara atau 11,59 persen. Posisi paling bontot diduduki pasangan calon independen Panji Tirtayasa-Kusna Sunardi hanya mampu memperoleh sebanyak 22. 915 suara atau 2,95 persen. (zam)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
0 KOMENTAR
1864231 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas