Rabu, 1 April 2015
Tribunnews.com

Abubakar-Yayat Menangkan Pilkada Bandung Barat Tanpa Hambatan

Selasa, 4 Juni 2013 02:46 WIB

TRIBUNNEWS.COM, PADALARANG - Pasangan Abubakar-Yayat T Soemitra dipastikan melenggang tanpa hambatan menuju hari pelantikan yang telah ditetapkan sesuai jadwal 17 Juli mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menyerahkan hasil pemilihan umum kepala daerah atau Pilkada Bandung Barat kepada menteri dalam negeri (mendagri) melalui gubernur Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan, karena KPU memastikan tak ada satu pun pihak yang menolak atau menggugat hasil pemilukada yang digelar 19 Mei lalu.

Ketua KPU KBB, Asep Mamat, mengatakan pihaknya telah menyampaikan hasil penetapan bupati dan wakil bupati KBB terpilih kepada semua pihak yang berkepentingan khususnya kepada gubernur dan DPRD Jabar serta bupati dan DPRD KBB terkait pasangan calon terpilih.

"Hingga batas waktu terakhir (Rabu,29 Mei) untuk pengajuan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, ternyata tidak ada pihak yang mengajukan gugatan," kata Asep Mamat kepada wartawan di Padalarang, Minggu (2/6/2013).

Dijelaskan Asep, KPU sebenarnya telah menunggu bagi pihak mana pun yang merasa tidak puas atau keberatan atas perolehan suara dan hasil pemilukada KBB untuk mengajukan gugatan ke MK. Namun, kata dia, hingga kini tak ada satu pun pihak yang mengajukan gugatan atau keberatan ke MK.

"Kami bahkan mengecek langsung ke MK. Memang tidak ada yang mengajukan gugatan terkait hasil pemilukada Bandung Barat 19 Mei kemarin," kata Asep.

Penyampaian hasil pemilukada kepada gubernur itu, lanjut dia, juga sebagai tanda berakhirnya tugas KPU sebagai penyelenggara pemilukada KBB. Sebab, kata dia, pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih menjadi ranah DPRD KBB.

Halaman12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas