• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribunnews.com

Gudang Pertamina EP Tuban Dibobol Maling

Sabtu, 8 Juni 2013 16:32 WIB
Gudang Pertamina EP Tuban Dibobol Maling
Ilustrasi pencuri tas

Laporan Wartawan Surya,M. Taufik

TRIBUNNEWS.COM, TUBAN - Komplotan pencuri gudang barang PT Pertamina EP (Eksplorasi-produksi) di Dusun Banyurip, Desa Banyuurip, Kecamatan Senori Tuban ditangkap polisi.

Dari tangan mereka polisi menyita puluhan alat pengeboran, serta pertambangan yang nilainya mencapai Rp 1 Milyar.

Pelaku yang diamankan polisi adalah Sunoto (44) dan Slamet (48), keduanya merupakan warga Desa Banyuurip Kecamatan Senori, Tuban, serta Usrok, warga Desa Mulyorejo Kecamatan Singgahan, Tuban. Ketiganya kini dijerat dengan pasal 365 tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman hingga lima tahun penjara.

"Dalam  penyelidikan kami otak pencurian ini adalah Sunoto yang merupakan pekerja di bagian mekanik PT Pertamina EP," kata AKP Wahyu Hidayat, Kasat Reskrim Polres Tuban pada Surya (Tribunnews.com,Network), Sabtu (08/06/2013).

Wahyu mengatakan komplotan ini beraksi layaknya pencuri profesional. Sebelum mencuri, ketiga sempat bertemu beberapa kali guna merancang strategi pencurian. Di sini mereka membagi tugas dengan arahan Sunoto yang merupakan pekerja di sana.

"Modus mereka mencuri dengan merusak pintu gudang. Lalu, selama 10 jam sejak usai maghrib hingga subuh mereka mengusung barang curian dari dalam gudang menuju lokasi persembunyian di rumah Sunoto," kata Wahyu.

Selang dua hari setelah kasus ini dilaporkan, polisi berhasil menangkap tiga tersangka. Dari tangan mereka polisi mengamankan 24 buah alat untuk pengeboran minyak bumi, seperti mata bor, pipa besi, kunci pipa, dan lain sebagainya.

"Barang bukti nilainya mencapai Rp 1 milyar," kata mantan isntruktur SPN Mojokerto ini.

Wahyu menambahkan barang curian ini rencananya akan dijual dan hasilnya akan dibagi rata. Saat ini polisi juga masih mengembangkan kasus ini dengan memburu satu tersangka lain yang hingga kini masih buron. Pelaku yang buron ini tugasnya membantu tiga tersangka mengangkut barang curian.

"Saat ini dia masih kami kejar," kata Wahyu.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1883072 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas