• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

KSAD Mewisuda 238 Taruna Akmil

Kamis, 13 Juni 2013 13:53 WIB
KSAD Mewisuda 238 Taruna Akmil
TRIBUNJOGJA/M NUR HUDA
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko mewisuda 238 Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang, Kamis (13/6/2013) 

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG – Sebanyak 238 Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang diwisuda oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko, di Gedung AH Nasution , Kompleks Akmil, Kamis (13/6/2013).

Para taruna tersebut memperoleh gelar Sarjana Terapan Pertahanan (ST Han) setingkat program Diploma IV( (D4) taruna tingkat IV.

Dalam upacara penutupan pendidikan dan wisuda sarjana taruna Akmil tersebut, Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, selain memperoleh gelar sarjana para taruna juga berhak menyandang pangkat Letnan Dua. “Pelihara terus kemampuan jasmani dan kemampuan belajar, serta bangun karakter yang baik dengan dilandasi rasa tanggungjawab untuk menghadapi resiko. Sebagai perwira Angkatan Darat yang percaya diri,” katanya.

Ia mengatakan, tugas seorang prajurit bukanlah ringan, penuh rintangan yang komplek dan jiwa serta raga adalah taruhannya. “Masih banyak pihak yang berupaya melakukan tindakan pemisahan NKRI, terorisme, sparatis, itu menjadi tugas yang harus dihadapi,” tegasnya.

KASAD menegaskan, prestasi akademik yang dicapai para taruna selama menjalani pendidikan belum  bisa menjadi jaminan untuk mencapai keberhasilan dan prestasi di medan penugasan. Keberhasilan prajurit ditentukan oleh tekad dan integritas yang kuat serta kemampuan merespon dinamika lingkungan.

Dari 238 taruna yang diwisuda, satu di antaranya memperoleh gelar dengan predikat cum laude, yakni Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Mat Sony Misturi dari program Manajemen Pertahanan dengan indeks prestasi 3,54.

Atas prestasi tersebut, taruna asal Pekalongan itu memperoleh penghargaan berupa medali Adhi Makayasa. Sementara itu, terdapat satu orang taruna yang dinyatakan tidak lulus, karena sesuai keputusan Dewan Akademik yang bersangkutan tidak mampu menyelesaikan kemampuan fisik.

Usai upacara, Moeldoko pada wartawan menambahkan, para taruna yang baru diwisuda tersebut pada 2 Juli mendatang akan dilantik oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) yang dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya.

“Mereka akan dilantik bersamaan dengan Matra lainnya, yaitu dari Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut dan Akademi Kepolisian,” katanya.(*)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
0 KOMENTAR
1902222 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas