• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribunnews.com

Yogyakarta Gelar Festival Gerobak Sapi

Minggu, 16 Juni 2013 03:09 WIB
Yogyakarta Gelar Festival Gerobak Sapi
surya/Imam Taufik
Kusnadi, pemilik sapi

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Sebanyak 170 penarik gerobak dari DI Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah akan mengikuti festival gerobak sapi yang akan digelar di Kompleks Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (16/6/2013).

Festival gerobak sapi pertama ini digelar karang taruna Malangerjo, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak Sleman.

"Ada 170 penarik gerobak yang ikut. Acara dimaksudkan untuk membangkitkan kembali eksistensi gerobak sapi sebagai alat transportasi tradisional," kata Ketua Panitia Festival Gerobak Sapi, Bowo Hasto Nugroho, Sabtu (15/6/2013).

Ia menambahkan, festival akan diisi berbagai acara salah satunya adalah dialog antara Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan warga.

"Besok (Minggu) Sultan beserta istri, GKR Hemas akan dijemput menggunakan gerobak yang khusus didesain seniman Yogya," ujar Bowo.

Gerobak peserta festival akan dikirab dengan rute sejauh 2,5 kilometer. Selain lomba gerobak, festival dimeriahkan dengan pameran karya lukis di atas tubuh sapi, dan perlombaan fotografi.

"Akan ditentukan tiga orang pemenang. Masing-masing akan mendapat uang pembinaan, dan khusus juara satu ditambah trofi Gubernur DIY," papar Bowo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, AA Ayu Laksmi Dewi mengatakan, festival ini patut diapresiasi sebagai upaya menggali potensi budaya di tengah arus modernisasi.

"Festival gerobak sapi adalah kegiatan yang luar biasa,menyimpan filosofi budaya yang tetap harus dilestarikan," papar Laksmi Dewi.(Wijaya Kusuma)

Editor: Willy Widianto
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1911561 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas