• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pilkada Banyuasin Lima Pasangan Calon Sampaikan 9 Tuntutan

Rabu, 26 Juni 2013 08:15 WIB
Pilkada Banyuasin Lima Pasangan Calon Sampaikan 9 Tuntutan
net
KPU

TRIBUNNEWS.COM, BANYUASIN - Sidang perdana gugatan lima pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyuasin yakni pasangan calon nomor urut 2 sampai 6 dimulai, Selasa (25/6/2013) sore.

Dalam sidang pertama tersebut pihak penggugat melayangkan 9 tuntutan terhadap pihak tergugat yaitu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuasin, yang digelar di gedung Mahkamah Konstitusi, Selasa (25/6/2013) sore.

Sengketa Pilkada Banyuasin, 9 tuntutan tersebut diantaranya, tentang pembatalan surat diskualifikasi pasangan calon nomor urut 1 yaitu Yan Anton Ferdian-SA Supriono, dan tuntutan dugaan penggelembungan suara serta kasus salah cetak form C2 KWK Plano (formulir perekapan penghitungan suara).

Sidang yang dilaksanakan mulai pukul 15.30 WIB ini dihadiri empat komisioner KPU serta kuasa hukum baik penggugat dan tergugat, dengan pembacaan tuntutan para pihak penggugat diantaranya pasangan Agus-Sugeng, Hazuar-Agus, Arkoni-Nurmala, Askolani-Idasril dan Slamet-Syamsuri. Yakni salah satunya adanya dugaan money politics yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon.

Ketua KPU Banyuasin Suryandi ketika dikonfirmasi, mengatakan sidang perdana ini tahapan dari sengketa Pemilukada Banyuasin yang telah berlangsung beberapa waktu lalu, dan berjalan dengan lancar.

"Sidang ini masih panjang, karena sesudah pembacaan tuntutan akan ada pembelaan," ungkapnya

Suryandi menjelaskan tepatnya hari ini sidang akan terus berlanjut dan dijadwalkan sidang tahap esepsi pembelaan yang digugat yakni KPU Banyuasin.

"Sidang kedua masuk dalam tahapan, sidang esepsi pembelaan KPU, dan sidang ini berlanjut sampai ada keputusan MK,"Jelasnya

Dia menambahkan, untuk sidang MK masih diteruskan dengan menghadirkan saksi-saksi dan bukti-bukti yang ada, serta penjelasan KPU Banyuasin.

"Sidang MK diperkirakan waktunya kurang lebih satu minggu," jelasnya.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Sumsel
0 KOMENTAR
1952102 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas