• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

2100 Warga Tengger Ambil Air Wendit

Kamis, 27 Juni 2013 15:30 WIB

Laporan Wartawan Surya,Sylvianita widyawati

TRIBUNNEW.COM,MALANG - Sebanyak 2100 warga Tengger di empat daerah mengambil air di sendang Widodaren, Kamis (27/6/2013).

Sendang itu berada di komplek Taman Wisata Air Wendit yang berada di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan Grebeg Tirto Aji.

"Air di sendang Mbah Kabul dipercaya warga Tengger bisa menyembuhkan segala penyakit," jelas Mujianto, Kades Ngadas, Kecamatan Poncokusumo kepada Surya Online di sela acara.

Namun, makna pentingnya sebagai bentuk permohonan keselamatan dan agar diberi rejeki.

Menurutnya, warga Tengger biasanya memang mengambil air di sendang Widodaren.

Tapi kegiatan paling besar dan pertama kali dilakukan secara massal pada saat ini.

Sebab ke  2100 warga Tengger itu berasal dari empat daerah. Mereka berasal dari Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang.

Acara dimulai dari lapangan Asrikaton. Warga Tengger yang memakai baju hitam-hitam itu  berjalan dari lapangan itu ke Wendit.

Begitu sampai, mereka disambut dengan Tari Bedoyo. Setelah itu bersama dengan Sekda Kabupaten Malang, Abdul Malik dan sejumlah undangan menuju sendang.

Di antara rombongan itu, ada yang membawa tumpeng dan hasil bumi.

Begitu sampai di dalam sendang yang biasanya tidak boleh sembarangan orang masuk, Abdul Malik, Sekda Kabupaten Malang mengambil air dari gayung dan diberikan kepada beberapa rombongan yang ikut masuk membawa wadah dari tanah liat. Berikutnya, disusul dengan rombongan penari Bedoyo yang juga membawa tempat air.

Sementara tumpeng yang dibawa ke dekat sendang di akhir acara menjadi rebutan pengunjung. Abdul Malik mengharapkan agar kegiatan Grebeg Tirto Aji diadakan setiap tahun agar menjadi daya tarik wisata Kabupaten Malang.

Selain itu juga  melestarikan budaya tengger. Di panggung budaya Tengger yang didirikan di Wendit juga disajikan sendratari Cinta Bumi dari anak-anak warga Tengger.

Ada juga stand yang menjual hasil bumi seperti kentang, wortel dan aneka bunga krisan.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1958081 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas