Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Arus Mudik Melalui Bandara Juanda Diperkirakan Naik Tiga Persen

Sabtu, 13 Juli 2013 20:19 WIB

Arus Mudik Melalui Bandara Juanda Diperkirakan Naik Tiga Persen
NET
Bandara Juanda, Surabaya.

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA – Arus mudik Lebaran tahun 2013 yang melalui bandara Internasional Juanda diperkirakan hanya mengalami kenaikan sekitar tiga persen dibandingkan hari biasa. Hal ini diungkapkan oleh General Manager Bandara Internasional Juanda, Trikora Harjo, Sabtu (13/7/2013) yang menyebut kenaikan itu di bawah kenaikan arus mudik Lebaran tahun 2012 yang mencapai lima persen.

“Kalau dibandingkan per hari, rata-rata itu. Tidak besar. Arus mudik lewat bandara Juanda rata-rata merata sejak memasuki bulan Ramadan ini,” jelas Trikora.

Meski perkiraannya kecil, namun Trikora menyebutkan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk menerima para pemudik dengan pesawat ini. Antara lain dengan membuka posko gabungan di kedatangan penumpang, baik domestik maupun internasional.

Apalagi informasi yang diterima Trikora, belum ada maskapai yang mengajukan extra flight.

“Belum ada yang mengajukan extra flight. Tapi ada maskapai yang menggunakan pesawat berbadan besar untuk mengangkut penumpang yang lebih banyak,” jelasnya.

Dengan pesawat besar berpenumpang lebih banyak, lanjut Trikora lebih efisien dibandingkan dengan menambah extra flight. Meski belum ada permintaan extra flight, pihaknya telah bersiap untuk memberikan pelayanan ini, dengan menyediakan tempat dan apron serta menambah operasional.

Masalahnya, jam untuk mengajukan extra fligth bagi maskapai umumnya ada di jam-jam yang sudah penuh. Sehingga sulit dipenuhi. Untuk itu, bila ada pengajuan extra flight diharapkan maskapai menggunakan jam-jam yang masih longgar. Termasuk jam-jam yang tidak termasuk dalam bagian waktu operasional bandara Juanda.

Selama ini operasional bandara Internasional Juanda hanya 18 jam. Yaitu mulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB. “Tapi kalau memang ada yang mengajukan extra fligth di jam setelah pukul 24.00 WIB, kami sudah siap. Termasuk keberadaan hotel yang siap menampung penumpang yang mungkin perlu menginap lebih dulu sebelum melanjutkan perjalanan di pagi harinya,” tandas Trikora.(Sri Handi Lestari)

Editor: Willy Widianto
Sumber: Surya

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas