• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 Juli 2014
Tribunnews.com

Caleg Perempuan di Sulut Saling Berbagi Pengalaman

Sabtu, 20 Juli 2013 03:27 WIB

Laporan Wartawan Tribun Manado, Finneke Wolajan

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Swara Parangpuan Sulawesi Utara bekerjasama dengan Kemitraan Bagian Tata Pembaharuan Pemerintah (Partnership) mengadakan kegiatan Konsolidasi Caleg Perempuan untuk Pemilu Legislatig 2014 di Swiss Bell Hotel Manado, Jumat (19/7/2013).

Direktur Swara Parangpuan Sulut, Lily Djenaan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang isu perempuan dalam peta politik di Indonesia, khususnya di Sulut.

"Berbagi pengalaman antarcaleg perempuan dalam merespons keterwakilan perempuan dalam daftar calon sementara (DCS). Juga membangun strategi bersama untuk pemenangan Pileg 2014," katanya.

Lanjutnya, diharapkan dengan adanya sharing pengalaman antar caleg perempuan dalam merespon keterwakilan perempuan dalam DCS dapat terpetakan kemampuan untuk memenangkan Pileg 2014.

"Permasalahan caleg perempuan dalam menghadapi Pileg 2014, juga kebutuhannya dapat terpetakan," ungkapnya.

Peserta berjumlah 30 caleg perempuan, 12 orang keterwakilan partai dan 13 orang perwakilan dari CSO. Pembicara berasal dari KPU Provinsi, akademisi Toar Palilingan SH, Dra Vicolina Pusung Msi sebagai akademisi dan caleg, juga koalisi Perempuan Indonesia Cabang Manado.

Fitri Mamonto SAg MAP satu di antara pembicara mengatakan, perempuan dalam parlemen memang sangat dibutuhkan, karena selain penentu kebijakan juga sebagai orang yang mengetahui betul akan kebutuhan warga perempuan.

"Contohnya seperti kenaikan harga BBM dan sembako saat ini dirasakan betul oleh perempuan, karena perempuanlah yang menyentuh langsung keadaan yang sedang terjadi," ungkapnya.

Dra Marieta Kuntag MM mengatakan, merupakan kesempatan yang baik baginya karena menjadi undangan untuk menghadiri kegiatan tersebut. "Sangat baik untuk mengetahui sejauh mana mendapat penguatan lembaga aktivis perempuan dalam menghadapi Pileg 2014 nanti," ungkap caleg DPRD Provinsi, dapil Manado ini.

Lanjutnya, perempuan yang berkiprah di politik harus perempuan yang berdedikasi demi kemajuan dan isu yang berpihak pada perempuan dan anak. "Banyak isu yang terjadi sekarang ini tidak disentuh langsung oleh pria. Hanya wanita yang benar-benar mengetahuinya. Oleh karena itu, posisi wanita di parlemen sangatlah penting untuk kemajuan bangsa," ungkapnya. (*)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Manado
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2053402 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas