Sabtu, 20 Desember 2014
Tribunnews.com

Mantan Wali Kota Magelang Dituntut 4 Tahun Penjara

Rabu, 24 Juli 2013 21:20 WIB

Mantan Wali Kota Magelang Dituntut 4 Tahun Penjara
net
ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jateng Samsul Hadi

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Mantan Wali Kota Magelang Fahriyanto, dituntut penjara empat tahun dan denda Rp 50 juta atau subsidier kurungan enam bulan.

Pasalnya, Fahriyanto dituduh melakukan korupsi dana subsidi pembangunan Pasar Gotong Royong di Magelang.

Surat tuntutan tersebut dibacakan jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri ( JPU Kejari) Magelang, Widodo, dalam sidang lanjutan kasus itu di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (24/7/2013).

Jaksa menilai, Fahriyanto melanggar dakwaan primer pasal 2 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Terdakwa juga wajib membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 2,8 miliar, atau setara dengan hukuman pidana selama tiga tahun penjara," kata Widodo, di depan majelis hakim yang diketuai Noor Edyono.

Fahriyanto, dituduh melakukan korupsi dalam proyek pembangunan Pasar Gotong Royong pada 2007 lalu.

Selama pembangunan, pedagang lama yang ada di pasar tersebut dialihkan ke penampungan. Untuk kembali memasuki pasar, mereka harus membeli los dan kios di pasar tersebut dengan status hak guna bangunan.

Pemkot Magelang, ketika itu, menggelontor bantuan Rp 2,827 miliar untuk subsidi uang muka pembelian los dan kios. Target penerimanya adalah, 617 pedagang lama yang akan kembali menempati los dan kios mereka.

Proyek pembangunan itu dilaksanakan oleh PT Yoga Guna Sakti. Dana subsidi itu, baru bisa dicairkan oleh PT Yoga saat pembangunan pasar mencapai 70 persen.

Namun, ketika PT Yoga Guna Sakti baru menyelesaikan 51 persen bangunan, dana bantuan pedagang itu sudah dicairkan. Pencairan tersebut, berdasarkan nota dinas yang diterbitkan Sureni Adi. Dana dari kas daerah itu dicairkan dalam tiga tahap.

Namun, dana yang sudah cair tidak disalurkan kepada pedagang, melainkan ditampung dalam rekening Bendahara Pembantu, Sudarwastuti. Dari rekening itu, dana mengalir kepada Fahriyanto. Ada kuitansi penerimaan atas nama Setyo Raharji yang dibubuhi tandatangan Fahriyanto.

Editor: Reza Gunadha
Sumber: Tribun Jateng

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas