• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Yogya Dingin, Suhu Udara Terendah Mencapai 19 Derajat Celcius

Jumat, 2 Agustus 2013 09:36 WIB
Yogya Dingin, Suhu Udara Terendah Mencapai 19 Derajat Celcius
termometer

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Tony Agus Wijaya, Kamis (1/8/2013), mengingatkan kepada warga agar menjaga kesehatan saat bulan puasa ini. Sebab, suhu udara terpantau memiliki perbedaan signifikan pada siang dan malam hari. Dimana suhu udara terendah adalah 19 derajat celcius, terjadi  Rabu (31/7/2013). Sedangkan pada siang hari suhu udara rata-rata tercatat 32 derajat celcius.

Penyebabnya adalah sinar matahari yang terpantul sempurna saat malam hari. Karena tidak ada awan yang menjadi penghalang sehngga menyebabkan panas tidak terperangkap di atmosfir. Begitu pula saat siang hari, tidak adanya awan membuat sinar matahari sempurna masuk ke permukaan bumi.

"Minimnya suhu udara pada malam hari mulai terpantau sejak tujuh hari lalu. Kemungkinan kondisi ini berlangsung sampai sebulan mendatang," beber Tony.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY mengantisipasi berbagai kejadian saat musim kemarau. Seperti suplai air bersih pada daerah rawan kekeringan, antisipasi kebakaran serta peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam upaya minimalisir risiko bencana. (hdy)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas