• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

Pandeyan Sabet Gelar Kelurahan Terbaik se Indonesia

Selasa, 20 Agustus 2013 17:54 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Menyisihkan 8.309 desa/kelurahan, Pandeyan terpilih menjadi kelurahan terbaik di Indonesia. Predikat Adikarya Bhakti Praja Utama tersebut diraih pada ajang lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2013.

Kelurahan Pandeyan yang berada di wilayah Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta ini, dinilai mampu mengangkat potensi lokal. Seperti pendirian sanggar Batik jenggolo yang mampu mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Pada poin pemberdayaan, Kelurahan Pandeyan mendapat nilai cukup tinggi. Selain itu, program sambang pondokan (indekos) mampu memikat para juri lomba. "Jadi kami bisa menjalin komunikasi yang baik dengan induk semang dan penghuni kos," ujar Lurah Pandeyan, Sulasmi, Selasa (20/8).

Pada pemberdayaan sanggar Batik Jenggolo, kelurahan ini mampu mengembangkan bantuan awal dari Pemkot tahun 2009 sebesar Rp 9 juta. Saat ini, total aset yang dimiliki kelurahan ini mencapai lebih kurang Rp 60 juta.

Setelah berhasil menyabet juara pertama lomba ini, Kelurahan Pandeyan memeroleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 125 juta. Rencananya, uang ini digunakan sebagai peningkatan program yang telah ada.(*)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jogja
0 KOMENTAR
2178932 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas