• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Napak Tilas Perjuangan Polri Diberangkatkan dari Surabaya

Rabu, 21 Agustus 2013 10:45 WIB
Napak Tilas Perjuangan Polri Diberangkatkan dari Surabaya
Surya/M Taufik
Regu Napak Tilas Sejarah Perjuangan Bhayangkara Polri dari Sabang sampai Merauke saat diberangkatkan di Jl Polisi Istimewa Surabaya

Laporan Wartawan Surya, M Taufik

 
TRIBUNNEWS.COM,SURABAYA - Napak Tilas Sejarah Perjuangan Bhayangkara Polri dari Sabang sampai Merauke diberangkatkan dari monumen Polisi Istimewa di Jl Polisi Istimewa, Surabaya, Rabu (21/8/2013).

Pemberangkatan ini dihadiri oleh Kakor Brimob Polri Irjen Pol M Rum Murkal, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono, Pangdam V Brawijaya Mayjend Ediwan P, Perwakilan dari Pangarmatim, Perwakilan Gubernur, Walikota Surabaya Tri Risma Harini, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta, dan sejumlah pejabat di lingkungan Jawa Timur.

"Napak tilas ini dilakukan oleh 6.019 regu Beranting dari Sat Brimob. Mereka akan berjalan 92 hari menempuh jarak 8.714 kilometer dari Sabang sampai Merauke," ujar Irjen M Rum Murkal usai memberangkatkan pasukan napak tilas tersebut.

Menurutnya, pemberangkatan dilaksanakan di Surabaya untuk mengambil momentum dan lokasi, dimana pada 21 Agustus 1945  barisan polisi istimewa memproklamirkan diri sebagai pasukan poilisi Republik Indonesia dipimpn Inspektur polisi tingkat I Mochammad Jasin di Surabaya.

Yang sampai saat ini dikenang dengan didirikannya monumen Polisi Istimewa.

Dari situ, regu napak tilas berjalan kaki sampai ke Mapolda Jatim di Jl A Yani Surabaya. Kemudian, pada hari ini juga mereka diberangkatkan ke Banda Aceh dengan pesawat terbang.

"Start 0 kilometer dimulai dari Sabang. Kemudian, regu ini berjalan kaki ke Merauke, Papua dan finisnya di Mako Brimob kelapa dua pada 14 November nanti," sambung M Rum.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
1 KOMENTAR
2182012 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Robby -Rabu, 21 Agustus 2013 Laporkan
    Proklamasi polri 21 Agustus 1945 dipimpin Iptu M Jasin : Oentoek bersatoe dengan rakjat dalam perjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan Poelisi sebagai Poelisi Repoeblik Indonesia. Soerabaja, 21 Agoestoes 1945; hati-h
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas