September Express Air Buka Rute ke Kuching

Maskapai milik swasta nasional, Express Air akan membuka rute internasional tujuan Pontianak-Kuching dengan pesawat

September Express Air Buka Rute ke Kuching
net
Express Air

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Steven Greatness

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Maskapai milik swasta nasional, Express Air akan membuka rute internasional tujuan Pontianak-Kuching dengan pesawat Boeing 737 seri 500 dan 300 berkapasitas 126 seat, yang direncanakan pada pertengahan September 2013 mendatang.

Direktur Niaga Express Air, Siti Khodijah, mengatakan rencana rute internasional Pontianak-Kuching dan sebaliknya dijadwalkan dua kali dalam sepekan. Yakni Jumat dam Minggu, berangkat pukul 07.00 WIB dan kembali ke Pontianak pukul 11.00 waktu setempat.

"Untuk tahap awal kita coba dua kali flight dalam seminggu dengan target penumpang 80 persen. Jika terjadi penambahan penumpang terus, bisa setiap hari kita terbang. Rencana terbang perdana mulai minggu ketiga September ini," ujar Bunda sapaan akrabnya kepada wartawan di ruang VIP Bandara Supadio, Rabu (28/8/2013).

Bunda menuturkan alasan ketertarikannya rute Pontianak-Kuching dikarenakan sejak menerbangi rute dari Pontianak menggantikan Batavia Airline pada Februari 2013 silam, permintaan masyarakat di Kalbar sangat besar. Selain itu, melihat kompetitor yang terbang dengan menggunakan pesawat baring-baring, Kuching-Pontianak juga tinggi tingkat penumpangnya.

Hal tersebut sejalan dan mendapatkan sambutan yang baik dari pemerintah daerah Kalbar, Angkasa Pura II, Pemerintah Malaysia, dan Konjen Indonesia di Kuching, serta para agency travel dalam acara gathering beberapa waktu lalu.

"Karena rute tujuan Kuching akan terkonek dengan rute lainnya, terutama Jogja dan Bandung. Disamping kita akan mendatangkan masyarakat luar negeri ke Indonesia untuk berwisata di sini yang memberi dampak terhadap perekonomian," tuturnya.

Menurut Bunda, tahap awal masih tahap perkenalan dan menawarkan harga yang kompetitif dengan tarif promo dan normal. Harga akan berada pada kisaran sekitar Rp 600 ribu. Sementara dari sisi kenyamanan akan memberikan layanan terbaik dan senyaman mungkin, diantaranya menyediakan makanan dan minuman selama terbang dengan Xpress Air, serta berbagai fasilitas untuk menunjang pasien yang akan berobat ke Kuching.

Kendati demikian, segmen market tidak hanya terfokus pada medical tapi akan ada beberapa paket seperti paket tour bekerjasama dengan pihak travel dan perhotelan.

Sebelumnya rute Express Air yang sudah ada di Pontianak antara lain Pontianak-Jogjakarta, dua kali dalam sehari pada pukul 07.00 dan 16.40 WIB. Rute Pontianak-Bandung, empat kali dalam sepekan pada Senin, Selasa, Jumat, dan Minggu. Kedepan rencana akan buka lagi rute Pontianak-Makassar yang sedang dalam tahap permohonan rute kepada pemerintah. (sgt)

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved