Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Buruh Makassar Tuntut UMP 2014 Rp 2,2 Juta

Kamis, 5 September 2013 20:32 WIB

Buruh Makassar Tuntut UMP 2014 Rp 2,2 Juta
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Ilutrasi Upah Minimum Provinsi

Laporan Wartawan Tribun Timur Hajrah

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Kofederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Sulawesi Selatan, meminta upah minimum provinsi (UMP) tahun 2014 ditetapkan sebesar Rp 2,25 juta.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Sulawesi Selatan Jayadi M Thaha, buruh di Sulsel menginginkan persentase kenaikan UMP tahun depan minimal mencapai 50 persen dari besaran tahun 2013.

"UMP tahun ini adalah Rp 1,5 juta. Jadi, kami meminta UMP tahun depan minimal Rp 2,25 juta. Itu sesuai dengan harga barang kebutuhan buruh yang sudah banyak mengalami kenaikan," kata Jayadi, Kamis (5/9/2013).

Jayadi menilai, UMP harus ditentukan berdasarkan penambahan komponen kebutuhan kehidupan layak (KHL). Bukan ditetapkan berdasarkan klaim pengusaha terkait kemampuan mereka untuk membayarkan upah buruh.

Menurutnya sikap para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel terkesan lamban, dan tidak transparan dalam memberikan keterangan soal kemampuan mereka untuk membayar upah buruh.

"Inflasi di Sulsel masih berada di bawah rata-rata, sehingga diharapkan kenaikan UMP dapat meningkatkan daya beli masayarakat menjadi naik. Dengan begitu, pengusaha juga yang untung," tandasnya.

Editor: Reza Gunadha
Sumber: Tribun Timur

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas