• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribunnews.com

Pemuda Palopo Unjuk Rasa di Parepare

Senin, 16 September 2013 17:15 WIB
Pemuda Palopo Unjuk Rasa di Parepare
Tribun Timur
Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Palopo, menggelar aksi unjuk rasa di depan Hotel Grand Star, Parepare 

TRIBUNNEWS.COM PAREPARE -- Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Palopo, menggelar aksi unjuk rasa di depan Hotel Grand Star, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (16/9/2013).

Kabarnya, para demonstran tersebut menolak hasil keputusan tim seleksi KPU Palop,  yang meloloskan sejumlah nama yang dianggap tidak memenuhi isyarat untuk menjadi anggota Komisioner Palopo.

Wahyu Derajat, Koordinator Lapangan aksi unjuk rasa tersebut, dalam orasinya mengatakan  ada banyak pelanggaran yang dilakukan Tim Seleksi (Timsel) pada saat tahap seleksi beberapa waktu lalu.

Ia mencontohkan, pada saat seleksi di Makassar, Timsel   meloloskan 10 nama, di mana tujuh diantaranya dianggap tak layak atau tak memenuhi kreteria, karena beberapa faktor.

Salah satunya, Efendi Samaila yang disinyalir  menjadi pengurus Partai Politik. " Kami punya bukti keterlibatan yang bersangkutan sebagai pengurus salah satu Parpol. Kami juga mendesak agar KPU Provinsi mengambil alih hal ini," tegas Wahyu.

Tak hanya keterlibatan beberapa pengurus partai, para demonstran juga menyayangkan minimnya keterwakilan perempuan dalam calon anggota komisioner yang lolos.

" Yang paling mendasar, kenapa proses penentuan lima nama calon anggota komisioner Palopo, dilakukan di Parepare. Kami curiga ada hal yang tidak beres dalam hal ini," tambahnya.

Terpisah, Anggota KPU Provinsi Sulsel, Khairul Mannan, yang ikut menguji 10 nama yang disodorkan oleh tim sel KPU Palopo, mengatakan bahwa pihaknya tidak berhak mencampuri keputusan tim sel KPU Palopo.

" Dari 20 nama kemudian dikerucutkan menjadi 10 nama, adalah kewenangan tim sel KPU Palopo. Tugas kami dari provinsi hanya menguji kelayakan 10 nama yang disodorkan. Dan hasilnya dalam waktu dekat akan diumumkan," kata Mannan.

Tak hanya itu, Manna juga mengatakan bahwa, terkait pemilihan Kota Parepare, sebagai tempat dilaksanakannya uji kelayakan mengatakan bahwa, hal itu dilakukan karena Parepare, menjadi kota sentral guna memantau pilkada di Pinrang dan Wajo.

" Mengapa Parepare, karena kami menganggap Parepare, sebagai kota yang strategis, tak hanya menyeleksi calon anggota KPU Palopo, kami juga memantau pilkada Pinrang, dan Wajo," jelasnya.(ali)

Ketgam : Sejumlah pemuda Kota Palopo, saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Hotel Grand Star, Jl Pawero Parepare  Senin (16/9). Para demonstran tersebut menolak 10 nama hasil seleksi tim sel KPU Palopo yang akan diuji tim KPU Provinsi di hotel tersebut.(ali)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2292692 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas