• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribunnews.com

Pesawat Tempur Singapura Terbang Rendah di Langit Batam

Jumat, 7 Februari 2014 20:20 WIB
Pesawat Tempur Singapura Terbang Rendah  di Langit Batam
Ilustrasi Pesawat F 16 milik angkatan udara Singapura 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Dewi Haryati

TRIBUNNEWS.COM  BATAM,  - Suara berat lintasan pesawat tiba-tiba saja terdengar di langit Batam, Jumat (7/2/2014) sekitar pukul 14.30 WIB. Beberapa pewarta yang saat itu berada tak jauh dari Mapolsek Sekupang, Batam, seketika keluar mencari tahu asal suara. Hal serupa juga dilakukan seorang polisi di Mapolsek Sekupang.

Dari langit Batam, sebuah pesawat tempur Singapura yang diperkirakan jenis F-16 melintas dengan kecepatan sedang. Pesawat berwarna abu-abu kehitaman itu terbang rendah di langit Sekupang menuju Singapura. Saking rendahnya, sisi kanan dan kiri sayap pesawat itupun dapat jelas terlihat.

Selang beberapa detik berikutnya, pesawat serupa menyusul di bagian belakang. Suara beratnya masih sama. Nyaris memekakkan telinga. Sama seperti pesawat sebelumnya, sisi kanan dan kiri pesawat tampak kosong alias tak membawa peralatan tempur semisal bom.

"Sakit kali telinga dengar suaranya tadi. Waktu aku lihat ke atas sudah nggak ada lagi pesawatnya, tapi suaranya masih ada," ucap Aya, seorang warga Sekupang.

"Seperti itu aja suaranya udah buat takut orang. Bagaimana kalau benar-benar perang tadi," ucap warga lainnya menimpali.

Belum diketahui pasti apa tujuan pesawat perang asing itu melintas di langit Batam. Namun kehadiran pesawat perang ini sempat menjadi perbincangan di tengah hangatnya kemunculan kapal perang Indonesia yang diberi nama Usman Harun.

Usman merupakan nama seorang marinir asal Indonesia yang beberapa waktu lalu melakukan pengeboman di Singapura. Iapun mendapat hukuman mati atas tindakannya itu. Sementara di Indonesia, nama Usman diabadikan menjadi nama sebuah kapal perang Indonesia.

"Apa karena kapal perang Indonesia terbaru namanya Usman Harun, makanya Singapura mau menunjukkan kekuatannya ke kita, nggak tahu jugalah," ucap Adi, warga lainnya.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Batam
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
93 KOMENTAR
2898212 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • herman.rustandi-Rabu, 19 Februari 2014 Laporkan
    Singapura tuh jika serang paling dapat Batam aja tapi jika Indonesia serang Singapura maka bisa dapat Singapura, itupun cukup dihadapi Provinsi Riau, Kepri dan Kalbar yang dekat Singapura..
  • andika bayangkari-Jumat, 14 Februari 2014 Laporkan
    cuma anget2 tahi ayam doank tim au singapore itu...Coba aja dia sakitin NKRI dikit aja....langsung kita beli hahahahah..
  • Danang Pambudi-Minggu, 9 Februari 2014 Laporkan
    Peace is wonderful, mistake is forgiven ... But right or wrong IS MY COUNTRY !
  • Marcales-Minggu, 9 Februari 2014 Laporkan
    Wooowwww.......
    Like Singapore.......
  • Renni Sembiring-Minggu, 9 Februari 2014 Laporkan
    menurut relawan singapor dulu smasa di meulaboh 2004, jalur mrk bila k indonesia memang batam jd singapor-batam ato sbaliknya bahkan warga mrk sendiri berkembangbiak di batam. why not? bahkan batam itu tak asing lg bg mrk, tempat persinggahan mereka
  • Rampel DE-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    orang singapore memang sombong
  • Eros Yusuf Ekawardhana-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    ini itu adalah latian buat "Singapore Airshow" pasti mereka udah punya clearance masuk indonesia toh juga buat latian...tolong jgn bikin isu2 yg bikin adu domba..dan seharusnya yg komentar dipikir dulu ga sok sokan komentar padahal cuma omongan bodoh
  • dafifa dedi-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    kemana AU kita masa dibiarkan pesawat negara lain melintas diudara RI apalagi lg memanasnya hubungan kita,klw g ada latihan bareng seharusnya pesawat singapura di tembak saja biar nanti harga diri RI tdk akan diinjak2 sama negara lain
  • Rizalina Putri-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Walau itu air show, mere sudah melewati perbatasan dan masuk ke wilayah tetorial kedaulatan NKRI. Yang penting sudah ada izin belum? Coba cek ke juragan yang terkait dengan keamanan negara. Kalau sudah ada ya biarin saja, tetapi kalau belum ada ya seharusnya protes kepada negara satelitnya yahudi tersebut. Jangan2 mereka kesal dengan NKRI gara2 pemberian nama kapal perang NKRI AL "USMAN-HARUN" Oleh karena itu agar supaya rakyat Indonesia tidak menjadi emisional, sebaiknya juragan yang terkait segera melakukan penyelidikkan dan hasil segera diumumkan, kepada rakyat Indonesia melaui media.
  • Azam Zaidan-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Ya begitulah bertetangga, kita maa hanya bisa jadi penonton saja...
  • Jum Madi-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Harus ditembak jatuh. Harga diri bangsa harus diutamakan...
  • Danial Triadi-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Oh ya, for your info ya, Indonesia juga berpatisipasi dlm Airshow ini:

    Operator Performance Type
    TNI-AU Jupiter Aerobatic Team, Indonesia Team Aerobatics
    RAAF F18-F, Australia Solo Aerobatics
    TNI-AU Jupiter Aerobatic Team, Indonesia Solo Demo Flying
    *Please note that not all flying display participants will be flying daily and they are not listed in any order of sequence. The Aerobatic Flying Display line-up is also subject to changes.

    Do check back on the website for more photos and updates on the Flying Display line-up.
  • Danial Triadi-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Kalau namanya AIRSHOW itu, pesawat2 itu akan terbang dalam berbagai2 formasi & stunt. Untuk melakukan semua itu ya sudah tentu nya butuh latihan. Sudah pasti mereka latihannya lebih awal kan? Makanya bisa diliat/didengar. Ini nga ada hubungannya dgn Singapur mengancam.

    Coba kalau Batam ada Pertunjukkan Internasional AIRSHOW, terus dari Singapur bisa terdengar/terliat pesawat2 mereka sedang latihan, apa masuk akal kalau Singapur menghubungkan itu dengan sebuah ancaman? Apa masuk akal kalau pemerintah Singapur bertemu dgn Batam karna menghubungkan itu sebagai ancaman apabila sudah terang2an Batam akan mengadakan International Airshow? Pikiran begitu sangat tidak matang. Terang2 ini karna Airshow, nga usah diubah2 lagi & diselok belokkan jadi persangkaan negatif.

    Singapur Indonesia & Malaysia itu sama2 jiran negara & perhubungan kami rapat. Kami saling tolong menolong dalam berbagai aspect security, trading, mengandali terorisme, & humanitarian aid seperti mengalami kesusahan atau bencana. Kita juga ada acara bersama, seperti Anugerah Planet Musik, iaitu dimana tiga2 negara ini bergabung & berbuat persembahan musik awards. Singapore have nothing against any country. We are a peaceful country.

    We have many cultures and nationalities living in Singapore and everyone live harmoniously. It shows that we are a multi-racial, multi-cultural nation that enjoys regional and international peace. It's just so nonsense utk menghubungkan latihan utk pertunjukan Airshow itu dgn yg namanya Usman, yg merancang bom, yg dihukum mati, kapal perang etc. Aduhhhh
  • Felix Christanto-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Wartawan Bego!!!! ga bisa bedain F-16 sama F-18 yah????
    tuh MABES TNI AU udh klarifikasi
    katanya terbang rendah, tapi ga bisa kenalin tipe pesawat nya
  • neoconet-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    AEROBATIC FLYING DISPLAYS? 15 & 16 Feb 2014
    (Sat & Sun) 10:25am – 11:25am
    3:00pm – 3:30pm

    kejadian : Suara berat lintasan pesawat tiba-tiba saja terdengar di langit Batam, Jumat (7/2/2014) sekitar pukul 14.30 WIB

    ga ada hubungannya tuh
  • De Abils-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    Jangan berprasangka buruk dulu,,,,
    Singapore tak seperti yang kalian bayangkan,,,,
    Orang2 disana baik,,,pemerintahannya tak seperti yang anda bayangkan,,,,
    Menurut aku mungkin lagi latihan,,,atau kunjungan,,,,,
  • Danial Triadi-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    hahahaha pengen ketawa aku baca artikal ini dgn komentar2 nya.. sampe nama Usman dibabitkan dgn bom & hukuman mati, dibabitkan lagi dgn nama kapal perang, terus dibabitkan dgn pesawat perang hahahahaha! nga ada apa2 malah dibikin2 cerita. Singapur itu ada AIR SHOW 2014 di bulan Februari. ni liat petikan dari http://www.singaporeairshow.com/aerobatic-flying-display-public.aspx

    "Singapore Airshow is Asia's largest and one of the most important aerospace and defence exhibitions in the world. A truly global exhibition where the latest state-of-the-art systems and equipment, together with their related technologies and developments, are displayed by top aerospace companies around the world.

    AEROBATIC FLYING DISPLAYS
    One of the greatly anticipated highlights of the event is the breathtaking Aerobatic Flying Displays. At the 2012 event, Blair Aerosport from Australia showcased the remarkable power and speed of the Rebel 300 with adrenalin-pumping spins, rolls and loops. Visitors were also treated to the spectacular trail of military and commercial aircraft adorning the skies, including the Republic of Singapore Air Force's F-15SG and F-16C fighter jets, the Royal Malaysian Air Force's Smokey Bandits as well as the Royal Australian Air Force's Roulettes team's aerobatic stunts.

    This year, visitors will once again be able to catch the spectacular performances by the aerobatic flying teams from various countries!
    RSAF Black Knights, Singapore
    Team Aerobatics

    Making a return since the military aerobatics team last soared the skies at Singapore Airshow 2008, the Republic of Singapore Air Force (RSAF) Black Knights, Singapore will be back at the 2014 show with a brand new team! Aside from a fresh team of 6 elite pilots from the Singapore's Air Force, each of the F-16C Fighting Falcon jets will also don a new design with a crescent moon and five stars against its red and white body. The RSAF Black Knight pilots are not full-time performers and continue to hold operational appointments, nonetheless, their tight-formation flying and precise aerial manoeuvres are comparable to those of professional full-time aerobatics team.
    Date Time
    15 & 16 Feb 2014
    (Sat & Sun) 10:25am – 11:25am
    3:00pm – 3:30pm
    * The flying displays schedule is subject to changes and cancellation due to bad weather conditions and/or unforeseen circumstances

    hahahaha silakan ajalah nonton bareng pertunjukkannya di Singapur. Nga nyesel ko. bisa pengalaman liat pesawat2 perang dgn lebih dekat, pelajari tentang teknologinya, kebolehannya & macam2 lagi. Nga usah fitnah2 pikir yg bukan2. Org2 Indonesia di Singapur & berbagai bangsa juga aja udah beli ticket2 nya utk menyaksikan.. makanya jangan sembarang tulis article & memfitnah. Singapur bukan tipe negara yg agresif. Justru kita mementingkan bersilaturrahim bersama semua negara2 termasuk jiran seperti Indonesia & Malaysia & serata dunia. Peace ya'll.
  • Edy Lestiyanto-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    itu karena presiden kita kurang berwibawa . moga2 presiden yg akan datang bisa berwibawa dan bertindak tegas
  • Robi Al Akbar-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    katanya sihh udah terekam sama radar,tapi tni masih mau mengkonfirmasi.,
    apa mnaksud dari pesawat asing trsebut..
  • neoconet-Sabtu, 8 Februari 2014 Laporkan
    cina bangsat lo macam macam cina diindonesia binasa
  • Tampilkan lainnya
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas