• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Gunung Kelud Status Siaga, Pemkab Kediri Siapkan Skema Penanganan Bencana

Selasa, 11 Februari 2014 03:05 WIB
Gunung Kelud Status Siaga, Pemkab Kediri Siapkan Skema Penanganan Bencana
IST
Gunung Kelud

TRIBUNNEWS.COM, KEDIRI - Wakil Bupati Kediri, Masykuri Iksan menyatakan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah bersiap menghadapi beragam risiko jika aktivitas Gunung Kelud terus meningkat. Pemerintah daerah, ujar dia, juga telah menyiapkan skema penanganan bencana sebagai panduan menghadapi keadaan darurat.

"Rapat tadi pengecekan terakhir kesiapan segala bidang terhadap kemungkinan yang terjadi. Kami bayangkan seandainya (Gunung) Kelud meletus malam ini, apa yang (harus) mereka lakukan," kata Masykuri saat ditemui usai memimpin rapat di ruang Grahadi Pemkab Kediri, Senin (10/2/2014).

Hasil rapat itu, kata Masykuri, akan menjadi referensi utama bagi tiap lini yang terlibat dalam penanganan kebencanaan. Sifat skema yang cukup mendetail itulah yang kemudian disebutnya sebagai "buku pintar".

"Isinya sudah bukan rencana biasa, tapi sudah rencana aksi. Menjadi buku pintar bagi kita semua,"ujarnya.

Sebelumnya, Pusat Vulkonologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Kelud dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III), Senin (10/2/2014), sekitar pukul 16.00 WIB. Peningkatan status ini berselang satu pekan setelah peningkatan status Waspada untuk gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 mdpl itu ditetapkan pada Minggu (2/2/2014).

Selama peningkatan aktivitas itu, Pemkab Kediri beberapa kali menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder. Mereka juga mematangkan rencana tersebut di lapangan, berupa pengecekan lokasi evakuasi maupun pengecekan kebutuhan lainnya.(M Agus Fauzul Hakim)

Editor: Willy Widianto
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2911391 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas