Erupsi Gunung Kelud

TNI Dikerahkan Siapkan MCK untuk Pengungsi Gunung Kelud

Fasilitas tersebut menjadi salah satu prioritas pembahasan dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana

TNI Dikerahkan Siapkan MCK untuk Pengungsi Gunung Kelud
surya/didik mashudi
Dandim Kediri Letkol Inf Heriyadi meninjau kubah lava Gunung Kelud bersama pejabat Muspida Kabupaten Kediri, Selasa (11/2/2014).

TRIBUNNEWS.COM, KEDIRI -  Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Gunung Kelud berencana membangun fasilitas mandi cuci kakus (MCK) pada setiap titik pengungsian yang ada. Fasilitas tersebut menjadi salah satu prioritas pembahasan dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana.

Komandan Kodim 0809 Kediri, Letkol Heriyadi menyatakan, jumlah MCK yang akan dibangun mencapai lebih dari 2.000 unit. Jumlah tersebut, kata dia, berdasarkan estimasi kapasitas tampung tiap MCK dengan jumlah pengungsi.

“Normalnya, satu buah MCK dapat digunakan antara 30 sampai 50 orang,” kata Letkol Heriyadi, Selasa (11/2/2014).

Desain MCK itu, kata insider commander Satlak PB ini, akan diupayakan sedemikian rupa agar lebih nyaman dan terjaga kebersihannya. Dengan demikian, kata dia, dapat meminimalisasi penyebaran penyakit.

Dandim menambahkan, proyek pembuatan MCK berbarengan dengan pendirian tenda-tenda pengungsian. Pihaknya menghitung ada 156 tenda pengungsi yang akan dibangun untuk menampung masyarakat. Tenda-tenda itu mulai dipersiapkan per hari ini.

“Kita kerahkan personel TNI dan perlu juga ahli bangunan untuk membangun MCK itu,” kata dia.

Sebelumnya, gunung yang sempat mengalami erupsi efusif pada tahun 2007 ini, kembali mengeliat. Statusnya menjadi Siaga setelah sepekan sebelumnya berstatus Waspada. Jika meletus, Satlak bersiap mengevakuasi sekitar 59.000 warga yang berada di empat kecamatan yang paling berpotensi terdampak bencana.(M Agus Fauzul Hakim)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help