Hutan Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup

"Penutupan jalur pendakian puncak Gunung Lawu dilakukan untuk antisipasi jatuhnya korban. Karena disaat musim kemarau seperti sekarang ini hutan Lawu

Hutan Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup
ardiyantaa.blogspot.com
Gunung Lawu 

TRIBUNNEWS.COM,MAGETAN - Sejak pagi hari pintu masuk jalur pendakian puncak Gunung Lawu di Desa Singolangu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan ditutup.

Hal ini karena hutan Gunung Lawu yang berada di pethak 73 masuk kawasan KPH Lawu DS, di wilayah Desa Getasanyar, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Magetan terbakar.

Informasi yang dihimpun Surya dari Kesatuan Resor Pemangkuan Hutan (KRPH) Plaosan dan Koramil 02, Plaosan, penutupan jalur pendakian puncak Gunung Lawu itu dilakukan Senin (3/11) sekitat pukul 10.00 WIB, sebelum api yang membakar hutan dipethak 73 membesar.

"Penutupan jalur pendakian puncak Gunung Lawu dilakukan untuk antisipasi jatuhnya korban. Karena disaat musim kemarau seperti sekarang ini hutan Lawu sewaktu waktu bisa terbakar,"kata seorang anggota Koramil yang ditemui Surya di Pos Jaga Singolangu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Senin (3/11/2014).

Menurut dia, letak hutan pethak 73 dari Pos Pintu jalur pendakian sekitar 12 kilometer tepatnya di Pos Tiga Cemorokandang yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

"Sampai sore ini personil dari Polhut dan Koramil 2 Plaosan masih berusaha  memadamkan api yang sudah membesar dan membuat pembatas agar api tidak meluas,"katanya.

Sampai sore ini luasan hutan yang hangus terbakar mencapai kurang lebih dua hektar.

Hingga Senin (3/11) sore pukul 17.00, api masih belum bisa dipadamkan, meski tidak sebesar sebelum.

"Bantuan dari personil Polhut KPH Lawu DS Madiun nantinya yang akan menggantikan pemadaman api dan membuat galian untuk memutus api agar tidak merembet,"kata petugas Badan Pembina Desa ( Babinsa) ini.(Doni Prasetyo)

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help