17 Dalang Muda Terbaik Siap Mainkan Cerita Mahabharata

"Lakon-lakon wayang yang ditampilkan 17 seri bersambung cerita Mahabharata. Ini dimainkan 17 dalang muda terbaik se-eks Kedu, Pekalongan dan Banyumas"

17 Dalang Muda Terbaik Siap Mainkan Cerita Mahabharata
Tribunnews/Dany Permana
Dalang Susilo Tekleng memainkan wayang kulit dengan lakon Parikesit Dadi Rojo di Warung Solo, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (26/9/2014). Acara yang dihadiri oleh Wamen PU, Hermanto Dardak, Nurdin Tampubolon, dan Alie Massie tersebut.digelar oleh gabungan relawan Jakarta Selatan sebagai bentuk rasa syukur atas Pilpres yang damai dan kemenangan pasangan Jokowi-JK. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, TEGAL - Festival Dalang Dulongmas 2014 merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya. Dalam pertunjukan wayang kulit pakeliran padat tetap akan menjadi menu utama dalam festival tersebut.

"Berbeda dari tahun-tahun lalu, sekarang lakon-lakon wayang yang ditampilkan 17 seri bersambung cerita Mahabharata. Ini dimainkan 17 dalang muda terbaik se-eks Kedu, Pekalongan dan Banyumas," ujar Ketua Panitia Festival Dulongmas 2014, Honggo Utomo, Senin (10/11/2014).

Dalam setiap hari pelaksanaannya, kata dia, sebanyak empat hingga lima lakon pewayangan akan menyuguhkan karya terbaiknya. Festival kali ini akan dibuka Bupati Tegal Ki Enthus Susmono dan Satria Laras. Mereka juga akan mendalang selama tiga jam.

Urutan lakonnya adalah Pendadaran Sokalima, Bale Sigala-gala, Babad Wonomarto, Sesaji Raja Suya, Pandawa Dadu, Wirata Parwa, Kresna Gugah, Kresna Duta, Bisma Gugur, Abimanyu Ranjab, Burisrowo Lena,  Gatotkoco Gugur, Dursosono Jambak,  Durno Gugur, Karno Tanding, Salya Gugur, Sengkuni Beset, Duryudono Gugur.

"Semoga cerita bersambung dengan durasi padat ini akan mampu meningkatkan daya apresiasi masyarakat. Dan juga agar memberikan dampak manfaat dan pengalaman berharga bagi para dalang muda peserta festival Dulongmas 2014 ini," imbuh Honggo.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved