29 Juni Ditetapkan Sebagai Hari Keluarga Nasional Tapi Bukan Hari Libur

Tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan merupakan hari libur.

29 Juni Ditetapkan Sebagai Hari Keluarga Nasional Tapi Bukan Hari Libur
Gubernur Banten dan Walikota Tangerang Selatan resmikan logo rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional yang tahun ini dipusatkan di Tangerang Selatan, Banten. 

TRIBUNNEWS.COM - Penetapan 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional mengingatkan titik penting kualitas keluarga sebagai kunci masa depan bangsa.

Karena itu, upaya mewujudkan keluarga sejahtera harus dimulai sejak perencanaan keluarga. Perjalanan panjang keluarga yang mereka tempuh akan menjadi mata rantai kehidupan dari generasi ke generasi berikutnya.

Oleh karena itu keluarga dalam mengembangkan dirinya dihadapkan pada tugas-tugas baik di dalam maupun di luar keluarga.

Dalam mengemban tugas-tugas keluarga sangat berkaitan dengan pengembangan fungsi-fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, cinta kasih, sosial budaya, ekonomi, pendidikan, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, membangun dan melihara lingkungannya.

Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, mengamanatkan bahwa penduduk sebagai modal dasar pembangunan adalah merupakan titik sentral dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Kemajuan suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya yang tangguh sehingga berhasil menguasai pengetahuan dan teknologi untuk membangun negaranya.

Sebagai tindak lanjut UU 52 tahun 2009, telah diterbitkan PeraturanPemerintah (PP) Nomor 87 tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukandan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Pemerintah dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan dan ketahanan keluarga.

Peringatan hari keluarga menjadi sangat penting untuk terus dilakukan, untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera, perlu meningkatkan peran keluarga sebagai pilar utama dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa.
Harganas upaya terus menerus untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Untuk itu dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa bagi anggota keluarga sejak dini, akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden R.I No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) maka ditetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan merupakan hari libur.

Penulis: Agung Budi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved