Ditlantas Polda DIY Terjunkan Polisi Jadi Dosen Tamu di Kampus

Para personel yang ditugaskan lantas menggelar kuliah umum tentang ketertiban berlalulintas

Ditlantas Polda DIY Terjunkan Polisi Jadi Dosen Tamu di Kampus
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Dalam rangka Operasi Simpatik Progo 2015, Direktorat Lalu lintas Polda DIY mengerahkan personel untuk menjadi dosen tamu di sejumlah kampus di Yogyakarta. Para personel yang ditugaskan lantas menggelar kuliah umum tentang ketertiban berlalulintas.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda DIY AKBP Ihsan Amin menjelaskan, dalam praktiknya nanti petugas akan menjadi dosen tamu dalam suatu pertemuan perkuliahan baik di dalam maupun di luar jam kuliah.

Untuk kegiatan tersebut pihak Ditlantas menerjunkan tiga personel untuk setiap kampus. Beberapa kampus yang sudah didatangi polisi dan diberi sosialisasi adalah UGM, UNY, Akprind, Poltekkes dan Unriyo

"Polisi menjadi pembicara, dosen tamu, ditambah dengan sosialisasi melalui pamflet," Ungkap Ihsan Amin, Senin (6/4/2015).

Ia mencontohkan bahwa pihaknya belum lama ini menyambangi kampus Poltekkes, di mana mahasiswa kampus itu menyambut baik program dari Ditlantas. "Pesertanya sekitar 70 mahasiswa. Di sana kami memberikan tema bagaimana menciptakan keamanan dan kelancaran lalu lintas," urainya.

Ia menambahkan motode penyampaian yang digunakan diawali dengan ceramah. Kendati demikian agar mahasiswa tidak merasa bosan, petugas juga memasukan materi prakter seperti safety driving dan safety riding. Selain itu petugas juga menyertakan update data kecelakaan lalu lintas kepada mahasiswa.

"Materi ini diberikan agar mahasiswa mengetahui betapa tingginya angka kecelakaan di usia produktif yang disebabkan oleh kelalaian manusia," papar Amin. (*)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help