Diretas, Akun Facebook Wakil Ketua Dewan Dipakai Buat Minta Pulsa sampai Rp 3 Juta

Jelas saya kaget, saya tidak merasa minta diisikan pulsa.

Diretas, Akun Facebook Wakil Ketua Dewan Dipakai Buat Minta Pulsa sampai Rp 3 Juta
BBC
Ilustrasi Facebook 

TRIBUNNEWS.COM, SINGKAWANG - Akun media sosial Facebook milik wakil ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra, diretas orang tak dikenal. Akun tersebut diketahui diretas sejak hari Rabu (24/6/2015) kemarin.

Pelaku mengirim pesan kepada rekan-rekan Sumberanto dengan isi yang sama, yaitu minta tolong diisikan pulsa. Nomor telepon yang tercantum pun berbeda dengan yang dimiliki Sumberanto. Bahkan pelaku sempat menghubungi penulis melalui melalui pesan singkat di facebook minta diisikan pulsa sebesar Rp 100.000 ke nomor tertentu.

"Maaf sebelumnya ini lagi ada rapat...saya check m-banking lagi eror.. bisa minta tolong isiin pulsa sebentar.. ntar diganti.. tolong ya," tulis pelaku dalam pesan singkat nya kepada penulis, Kamis (25/6/2015).

Menyadari bahwa isi pesan tersebut terindikasi penipuan, penulis kemudian menghubungi Sumberanto via telepon selular. Saat dikonfirmasi, Sumberanto mengatakan bahwa akun Facebook miliknya diretas orang tak bertanggung jawab sejak kemarin. Bahkan beberapa temannya menelepon memberi kabar bahwa pulsa sudah dikirim ke nomor yang diberikan.

"Jelas saya kaget, saya tidak merasa minta diisikan pulsa. Laporan dari temen-temen ynag menjadi korban sampai hari ini sudah hampir Rp 3 juta yang isikan pulsa kepada pelaku," kata Sumberanto, Kamis (25/6/2015).

Dia pun kemudian berinisiatif mengirimkan pesan berantai ke teman-teman kontak Blackberry nya bahwa akun facebook nya telah diretas. Dirinya berharap supaya pesan yang dikirimkan tersebut tidak ditanggapi oleh teman-temannya.

Selain itu, dirinya berharap rekan-rekan di Facebook bisa menyampaikan pesan tersebut melalui akun pribadi masing-masing.

"Bahkan ada temen yang bilang, Sumberanto itu temen baik, masa minta bantu 100rb pulsa ngga kita kirim, lagian itu kan dia inbox pake akun fb-nya" kata Sumberanto menirukan ucapan temannya yang menjadi korban.

Kasus tersebut pun saat ini sudah dilaporkan kepada Polres Singkawang untuk ditindaklanjuti.

Penulis: Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help