Hasil Monitoring Digital FA Policy Maker: Risma Bak Presenter Program Berating Tinggi

Dari segi geopolitik, Surabaya merupakan satu di antara kota di Indonesia yang memiliki tingkat penggunaan media sosial yang tinggi.

Hasil Monitoring Digital FA Policy Maker: Risma Bak Presenter Program Berating Tinggi
TRIBUN/AHMAD ZAIMUL HAQ
Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana bernyanyi bersama di sela acara pamitan kepada awak media sehari menjelang habisnya masa jabatannya di rumah dinas Risma di Jl Sedap Malam, Minggu (27/9/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - FA Policiy Maker merilis hasil monitoring digital persaingan dalam pemilihan Wali Kota Surabaya yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.

Hasil monitoring digital tersebut menyebut kedua pasangan calon yang bertarung, Rasiyo-Lucy Kurniasari dan Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana memanfaatkan secara optimal masa kampanye yang berlangsung sejak 27 September hingga 5 Desember 2015.

Performa kedua pasangan tidak hanya ramai di media mainstream seperti media elektronik dan media cetak, namun juga di media sosial.

FA Policiy Maker menyatakan, hasil monitoring digital menunjukkan, sejak periode 11 November hingga 25 November 2015, telah muncul 255 pemberitaan online terkait kedua pasangan.

Dari jumlah tersebut, pasangan Risma-Wisnu, mendominasi pemberitaan sebesar 72 persen (183 pemberitaan). Adapun pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari mendapatkan 28 persen (72 pemberitaan).

Dari segi geopolitik, Fayakhun Andriadi, founder FA Policy Maker, mengatakan Surabaya merupakan satu di antara kota di Indonesia yang memiliki tingkat penggunaan media sosial yang tinggi.

Warga Surabaya, katanya, sangat aktif menggunakan media sosial, seperti facebook dan twitter. Ini menjadi satu faktor utama tingginya dinamika isu Pilwakot Surabaya di media sosial

Soal performa pasangan Risma-Wisnu yang sangat dominan di media sosial, Fayakhun menjelaskan, hal ini relevan pada logika kerja media sosial.

Selama ini, kata dia, Risma merupakan tokoh yang lekat pada isu-isu yang bersifat publik, mulai dari isu penutupan pusat lokalisasi Doli, pengelolaan Kebun Binatang Surabaya hingga kontroversi pembangunan tol tengah Surabaya.

Dua kasus yang sangat populer terkait figur Risma adalah soal rencana pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Surabaya pada awal tahun dan penetapannya sebagai tersangka pada Oktober silam.

Halaman
123
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klasemen Piala Asia

Rank Negara
Total
1China30181260
2Japan12171746
3Korea8121434
4Indonesia52310
5Iran43512
Lihat Selengkapnya
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help