Pilkada Serentak

Pelantikan Kepala Dua Daerah di Jawa Barat ini Ditunda

Hanya enam kepala daerah kota atau kabupaten di Jawa Barat yang akan dilantik di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Rabu (17/2/2016).

Pelantikan Kepala Dua Daerah di Jawa Barat ini Ditunda
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Warga berfoto di sejumlah patung tokoh inisiator KAA 1955, Presiden Soekarno, presiden dan wakil presiden RI, gubernur dan wakil gubernur Jabar hingga wali kota dan wakil wali kota Bandung di kawasan pedestrian Cikapundung Timur samping Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (5/5). Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana pada minggu ketiga bulan Mei akan menerapkan Car Free Night (CFN) di Jalan Asia Afrika dari Hotel Preanger hingga Alun-Alun Kota Bandung, dimulai Sabtu pukul 18.00 hingga Minggu pagi pukul 10.00 WIB. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh, Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Hanya enam kepala daerah kota atau kabupaten di Jawa Barat yang akan dilantik di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Rabu (17/2/2016).

Kepala daerah tersebut dari Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kota depok, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Bandung. Sementara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya yang kepala daerah terpilihnya tak dilantik.

Kepala KPU Jabar, Yayat Hidayat, mengatakan tidak mengetahui alasan Pemprov Jabar menunda pelantikan dua kabupaten tersebut. Padahal persoalan sengketa pemilu di dua kabupaten itu sudah selesai setelah MK menolak gugatan penggugat.

"Kalau persoalan pemilunya sendiri sudah selesai," ujar Yayat ketika di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jabar, Selasa (16/2/2016).

Yayat berujar, pelantikan kepala daerah merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri dan Pemprov Jabar. Ia menduga pemerintah memiliki penilaian tersendiri sehingga belum menentukan pelantikan kepala daerah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Mungkin akhir masa jabatan kepala daerah Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur masih lama. Sebab hanya dua kabupaten itu yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir Maret dan Juni. Sedangkan enam wilayah lainnya sudah habis dari kemarin dan sudah ada penjabatnya," ujar Yayat.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help