Pilkada Serentak

Polisi Siapkan Jalur Evakuasi Kepala Daerah yang Dilantik di Gedung Merdeka

Polrestabes Bandung sudah menyiapkan jalur evakuasi enam kepala daerah dan tamu VVIP jika terjadi gerakan massa di Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Polisi Siapkan Jalur Evakuasi Kepala Daerah yang Dilantik di Gedung Merdeka
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Warga berfoto di sejumlah patung tokoh inisiator KAA 1955, Presiden Soekarno, presiden dan wakil presiden RI, gubernur dan wakil gubernur Jabar hingga wali kota dan wakil wali kota Bandung di kawasan pedestrian Cikapundung Timur samping Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (5/5). Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana pada minggu ketiga bulan Mei akan menerapkan Car Free Night (CFN) di Jalan Asia Afrika dari Hotel Preanger hingga Alun-Alun Kota Bandung, dimulai Sabtu pukul 18.00 hingga Minggu pagi pukul 10.00 WIB. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Polisi mewaspadai gerakan massa dari enam kabupaten atau kota yang hendak menggagalkan pelantikan kepala daerah mereka yang secara definitif terpilih.

Sebanyak enam kepala daerah terpilih di Jawa Barat hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 bakal dilantik di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/2/2016).

Polrestabes Bandung telah menyiapkan 1300 personel untuk pengamanan pelantikan, dibantu personel Polda Jabar, Satpol PP, dan TNI. Tim pengendalian massa disiapkan di sejumlah titik untuk mengantisipasi gejolak massa yang ingin menggagalkan acara.

"Kami siapkan jalur evakuasi khusus tamu VVIP dan kepala daerah terpilih jika diasumsikan massa sudah menembus ring dua," ujar Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP M Joni, Selasa (16/2/2016).

Ia berujar, polisi sudah menyiapkan beberapa jalur khusus evakuasi VVIP jika terjadi pergerakan massa dan membuat acara bertindak anarkis.

Polisi belum menerima informasi adanya pergerakan massa yang akan berunjuk rasa. Meski belum dipastikan terjadi, polisi sudah mengantisipasi jika terjadi hal demikian.

Setidaknya ada sekitar 250 tamu undangan yang akan hadir dalam acara pelantikan enam kepala daerah kabupaten atau kota di Jawa Barat di Gedung Merdeka.

Tamu undangan itu akan ditempatkan di dalam gedung dan di luar gedung tergantung jenis kartu undangannya. "Bagi yang tidak membawa undangan, tidak diperbolehkan masuk," ujar Joni.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help