Kampung Ilmu Surabaya Diserbu Calon Mahasiswa Jelang SBMPTN

Ketika musim masuk perguruan tinggi tiba, pedagang buku di Kampung Ilmu, Surabaya, banyak diburu pembeli yang mengincar buku panduan masuk universitas

Kampung Ilmu Surabaya Diserbu Calon Mahasiswa Jelang SBMPTN
Surya/Monica Felicitas
Sejumlah pelajar membaca buku dari sebuah kios di Kampung Ilmu, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/4/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Monica Felicitas

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sisa hujan menyisakan gerimis di Kampung Ilmu, Jalan Semarang No 55 Surabaya, atau 500 meter dari pintu masuk Stasiun Pasar Turi.

Simex (46) masih sibuk membenahi tumpukan buku yang berjejer di depan kiosnya agar terhindar dari percikan air yang tumpah dari langit, Selasa (26/4/2016).

Gerimis siang itu tak menyurutkan sejumlah muda-mudi memburu buku di Kampung Ilmu yang menyediakan aneka buku bacaan murah. Mulai dari buku baru hingga buku lama, atau bekas, yang langka. 

"Penjualan buku SBMPTN akhir-akhir ini ramai. Sudah dari 10 hari yang lalu, sehari bisa habis 30 buku," Simex menceritakan peningkatan pembeli akhir-akhir ini.

Kebanyakan pembeli yang mendatangi Kampung Ilmu memburu buku berisi soal SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Tika (19), siswi jurusan IPA dari salah satu SMA Negeri di Surabaya, misalnya. Ia berencana akan mengikuti tes masuk fakultas kedokteran dan sudah membeli berbagai buku dari berbagai penerbit agar siap menghadapi SBMPTN.

"Sejak pendaftaran SBMPTN dibuka, saya sudah daftar. Tinggal menyiapkan mental, karena masuk kedokteran susah. Makanya saya sering latihan soal," ujar Tika.

Beberapa penerbit seperti Pustaka Setya, Yerama Widya dari Bandung, menjadi incaran para siswa untuk melatih menghadapi SBMPTN.

Simex memberikan diskon sebanyak 25 persen, dengan harga buku mulai Rp 35 ribu agar para siswa tertarik membeli buku miliknya.

Halaman
12
Penulis: Monica Felicitas
Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved