APBD Cairkan Rp 33 Miliar untuk Sejumlah Perawatan Pasar di Surabaya.

Perusahaan Daerah Pasar Surya berencana merenovasi beberapa pasar di Surabaya menggunakan APBD sebesar Rp 33 miliar.

APBD Cairkan Rp 33 Miliar untuk Sejumlah Perawatan Pasar di Surabaya.
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Sejumah penari dari komunitas Surabaya Menari menarikan tarian Ritus Topeng Muludan Rai Gedek di pasar Genteng, Surabaya, Minggu (11/1/2015). Ritus Topeng Muludan juga merupakan bentuk keprihatinan para seniman terhadap hilangnya satu di antara sejumlah kebudayaan asli Kota Surabaya yang terkait dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu Topeng Muludan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Surya, Monica Felicitas

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Perusahaan Daerah Pasar Surya berencana merenovasi beberapa pasar di Surabaya menggunakan APBD sebesar Rp 33 miliar.

Anggaran sebesar itu akan digunakan meliputi pemeliharaan fisik, kebersihan, serta instalasi berupa listrik dan air. PD Pasar Surya saat ini menangani 67 pasar.

"Nantinya akan diperbarui secara bertahap sesuai Rencana Anggaran Kerja (RAK) 2016. Renovasi pasar tersebut menggunakan dana APBD dan dana dari PD Pasar," ujar Direktur Teknik dan Usaha Pasar Surya, Zandi Ferryansa Hadi, Selasa (10/5/2016).

APBD sebesar Rp 10 miliar ini akan dialokasikan untuk empat pasar yaitu Pasar Kembang, Pasar Pucang, Pasar Tembok Dukuh dan Pasar Keputran Utara.

Pembangunan pasar terus ditingkatkan sebagai program PD Pasar Surya guna merapikan kondisi pasar dan merenovasi bangunan-bangunan lama.

"Saat ini, pembangunan Pasar Genteng sedang berjalan. Nantinya akan direnovasi untuk dikelompokkan sesuai barang yang dijual," sambung Zandi.

Selain itu akan dipajang foto-foto Pasar Genteng tempo dulu sebagai kilas balik sejarah pasar.

"Setiap tahun akan terus diadakan pembangunan dan pengawasan untuk mengantisipasi adanya kerusakan bangunan, korsleting listrik, juga merapikan jaringan dan kebersihan," terang dia.

Pembangunan pasar juga dilakukan sebagai upaya merapikan pedagang kaki lima yang berada di luar pasar agar tidak menimbulkan kemacetan.

Salah satu fasilitas yang paling ditekankan adalah lahan parkir untuk kendaraan bermotor yang nantinya akan dibuat bertingkat.

Penulis: Monica Felicitas
Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved