HUT Kemerdekaan RI

BUMN Hadir Untuk Negeri: Dari Bedah Rumah Veteran Hingga Pembinaan Narapidana

Dirut Pelindo IV Doso Agung menjelaskan peringatan HUT RI merupakan momen yang sangat tepat untuk mengaktualisasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia

BUMN Hadir Untuk Negeri: Dari Bedah Rumah Veteran Hingga Pembinaan Narapidana
IST
Dirut Pelindo IV Doso Agung secara simbolis menyerahkan bantuan bedah rumah untuk para veteran yang berjasa pada peringatan HUT ke-71 RI di Pelabuhan Tarakan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia 2016 ini, Pelindo IV sebagai host program 'BUMN Hadir Untuk Negeri' di Kalimantan Utara dan Semen Gresik sebagai co-host, melakukan berbagai kegiatan sosial seperti 'bedah rumah veteran', 'BUMN Mengajar di sekolah-sekolah', 'Siswa mengenal nusantara', membangun tempat penitipan anak di pasar tradisional, sarana air bersih, pembinaan narapidana dan lainnya.

Dirut Pelindo IV Doso Agung saat menjadi inspektur upacara di Pelabuhan Tarakan dan diikuti seluruh BUMN di Kalimantan Utara 17/8/2016 menjelaskan peringatan HUT RI merupakan momen yang sangat tepat untuk mengaktualisasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia menuju Masyarkat Adil dan Makmur.

“Dengan tag Line dari Kementerian BUMN yaitu “BUMN Hadir Untuk Negeri” sebagai jembatan untuk mewujudkan cita-cita yang mulia ini. Banyak program yang dipersembahkan oleh Kementerian BUMN untuk membantu atau meringankan beban rakyat Indonesia, khususnya di daerah perbatasan dan terluar seperti halnya yang kita lakukan di Kalimantan Utara ini,” kata Doso Agung dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (18/8/2016).

Menurut Doso, beberapa kegiatan yang dilaksakan pada tahun ini dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri hingga benar-benar menyentuh kehidupan masyarakat setidaknya ada 12 antara lain bedah rumah veteran sebanyak 40 rumah masing-masing 24 unit di Kalimantan Utara dan 16 unit di Maluku.

Lalu bantuan pelatihan, pembinaan narapidana dan pemberian sejumlah perangkat ke lapas, pembangunan fisik tempat penitipan anak di pasar tradisional, BUMN mengajar, penyediaan sarana air bersih, pembinaan mantan atlit nasional, pembinaan desa terpencil di perbatasan dan rawan konflik, pasar murah, jalan sehat 5 Km, berbagai lomba diikuti masyarakat luas, elektrifikasi dan pembangunan MCK.

“Banyak terstimoni dari masyarakat yang kami peroleh, bahwa kegiatan ini sangat membantu dan mengangkat taraf kehidupannya, sehingga mereka sangat berterima kasih kepada Pemerintah dan BUMN, khususnya BUMN yang pada tahun ini diberi amanah oleh Kementerian BUMN sebagai penanggung jawab untuk mewujudkan peran nyata BUMN sebagai agent of Development di tengah kehidupan masyarakat,” papar Doso Agung.

Oleh karenanya, dalam momentum peringatan HUT Ke-71, Dirut Pelindo IV mengajak semua pihak agar mendukung apa yang menjadi program pemerintah, khususnya BUMN. Karena pada dasarya apa yang lakukan Pelindo IV dan BUMN yang ada di Kalimantan Utara lainnya pada hakekatnya adalah untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Dikatakan Dirut Pelindo IV, keberadaan BUMN di tengah-tengah masyarakat sebagai jembatan dalam rangka mengakselerasi program-program Pemerintah yang berorientasi kepada kemakmuran masyarakat Indonesia.

“Kami selaku penanggung jawab program ini meminta agar apa yang telah kami persembahkan kepada masyarakat dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, walaupun masih terdapat kekurangan, mohon hal tersebut dapat dimaknai sebagai persembahan bakti dan kerja nyata kami selaku Agent of Development atau agen pembangunan kepada Negara yang kita cintai ini untuk percepatan pembangunan di daerah,” terang Doso.

Sedangkan untuk tahun ini yang diberikan amanah oleh Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan moment tersebut di Kalimantan Utara yakni PT Pelindo IV (Persero) dan PT Semen Gresik.

Namun tanpa kehadiran masyarakat yang secara bersama-sama terlibat dalam setiap program pemerintah, maka tentunya Pemerintah ataupun BUMN mustahil mencapai apa yang dicita-citakan bersama. (*)

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help