Jenderal Besar Soedirman Resmi Jadi Nama Lanud di Purbalingga

Pangkalan TNI Angkatan Udara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga resmi berganti nama menjadi Lanud Jenderal Besar Soedirman.

Jenderal Besar Soedirman Resmi Jadi Nama Lanud di Purbalingga
Istimewa
Pangkalan TNI Angkatan Udara resmi berganti nama menjadi Lanud Jenderal Besar Soedirman. Peresmian nama baru dilakukan oleh Panglima Komando Operasi AU I Marsekal Muda Yuyu Sutisna, disaksikan Danlanud Letkol Penerbang Suparjo, Bupati Purbalingga Tasdi, Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA – Pangkalan TNI Angkatan Udara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga resmi berganti nama menjadi Lanud Jenderal Besar Soedirman.

Peresmian nama baru dilakukan oleh Panglima Komando Operasi AU I Marsekal Muda Yuyu Sutisna, disaksikan Danlanud Jenderal Besar Soedirman Letkol Penerbang Suparjo, Bupati Purbalingga Tasdi, Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat.

Pangkoops AU I Marsekal Muda Yuyu Sutisna mengatakan tujuh dari 19 pangkalan udara TNI AU di bawah Koops AU I wilayah Barat masih menggunakan nama tempat.

“Lanud Wirasaba di Purbalingga termasuk dari tujuh lanud yang masih menggunakan nama tempat," ujar Yuyu usai upacara peresmian penggantian nama di halaman Markas Lanud Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Senin (7/11/2016).

"Sehingga kami ubah menggunakan nama tokoh pahlawan. Kebanyakan memang mengambil nama tokoh pahlawan lokal,” ia menambahkan.

Dikatakan Yuyu, penggantian nama dimaksudkan agar seluruh jajaran TNI AU dan masyarakat sekitar lanud dapat meniru semangat besar Jenderal Besar Soedirman.

“Prosesnya sudah sejak Februari lalu. Kami punya calon nama kemudian kita lempar ke daerah dan daerah juga punya calon nama. Kebanyakan yang kami gunakan memang nama usulan dari daerah,” jelas dia.

Usulan Bupati

Nama pengganti Lanud Wirasaba menjadi Lanud Jenderal Besar Soedirman sebelumnya diusulkan oleh Bupati Purbalingga Tasdi.

Dikatakan Tasdi, usulan nama pengganti meliputi dua nama yakni Jenderal Besar Soedirman, pahlawan nasional kelahiran Purbalingga dan Soewarno, Komandan Lanud Wirasaba pertama yakni, Sersan Mayor Soewarno.

Kedua usulan nama tersebut diteruskan Pemkab Purbalingga kepada pemerintah pusat untuk memilih nama yang akan digunakan sebagai pengganti nama Lanud Wirasaba.

“Kita bersyukur nama Jenderal Besar Soedirman dipilih menjadi nama Lanud Wirasaba. Ini menjadi salah satu kebanggaan bagi seluruh masyarakat di kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Tasdi.

Perwakilan Keluarga Besar Jenderal Besar Soedirman, Bugiakso, sangat mengapresiasi usulan Bupati Tasdi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang pada akhirnya Jenderal Besar Soedirman menjadi nama lanud di Kabupaten Purbalingga.

“Kami menyetujui nama Jenderal Besar Soedirman menjadi nama pangkalan udara yang ada di Purbalingga, Jawa Tengah,” kata Bugiakso yang juga menantu cucu dari Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman.

Saat membacakan pernyataan, Bugiakso membenarkan pihak keluarga menerima dan menyetujui nama Jenderal Besar Soedirman sebagai nama pengganti Lanud Wirasaba. 

“Saya menerima dan menyetujui serta tidak akan menuntut dalam bentuk apapun. Apabila dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, baik dari saya maupun keluarga besar saya, maka saya bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” lanjut dia.

Pada kesempatan tersebut Bugiakso, mewakili keluarga besar Jenderal Besar Soedirman, dan Komandan Lanud Letkol Penerbang Suparjo, menandatangani surat pernyataan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Lanud Jenderal Besar Soedirman oleh Pangkoops AU I Marsekal Muda Yuyu Sutisna.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved