Uap Panas Misterius Terus Menyembur di Gunung Kidul, Warga Diminta Menjauhi Lokasi

Dalam uap tersebut terkandung gas karbon dioksida (CO2) sebesar 1 persen, sementara normalnya hanya sebesar 0,3 persen.

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNNEWS.COM, GUNUNG KIDUL - Uap panas yang menyembur muncul secara misterius di Dusun Kayen, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Jumat (17/2/2017).

Tim dari Badan Geologi, Balai Pengembangan dan Penelitian Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengambil sampel untuk memeriksa bahan yang terkandung dalam uap tersebut.

Camat Gedangsari, Muhammad Setyawan Indriyanto mengatakan, tim dari BPPTKG melakukan penelitian di titik keluarnya uap air di halaman pekarangan rumah milik Trisno Wiyono tersebut.

"Mereka mengambil sampel air dan uap air yang keluar dari pipa, untuk diteliti lebih lanjut," kata Setyawan, Jumat (17/2/2017).

Lanjut Setyawan, pihaknya sempat menduga uap panas tersebut berasal dari ground listrik dari dalam tanah.

Pasalnya, terdapat aliran listrik merambat di dinding dengan diuji menggunakan test pen. Namun setelah listrik dimatikan dari kabel induk, uap panas masih terus keluar dari dalam tanah.

"Kami pikir itu berasal dari ground listrik. Warga sudah cabut dan potong aliran listrik rumah dari induk jaringan, namun uap panas tersebut masih tetap keluar,"ucapnya.

Pengambilan sampel uap juga dilakukan dari Dinas Lingkungan Hidup Gunung Kidul. Sampel pun sempat dikirimkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Namun, dari pihak Dinkes tidak memiliki alat untuk mencari tahu kandungan.

"Kemarin sempat diambil sampel dari puskesmas tetapi laboratoriumnya belum bisa mendeteksi kandungan air tersebut, maka hari ini dari dinas lingkungan hidup,"katanya.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved