DPRD Jatim Tercoreng Salah Satu Ketua Komisi Tertangkap Tangan Petugas KPK

Badan Kehormatan DPRD Jatim diminta ikut mengawasi kasus yang menyeret Ketua Komisi B DPRD Jatim, Moch Basuki, setelah tertangkap tangan KPK.

DPRD Jatim Tercoreng Salah Satu Ketua Komisi Tertangkap Tangan Petugas KPK
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Mochammad Basuki (kaos putih) tiba di gedung KPK Jakarta terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Selasa (6/6/2017). KPK mengamankan enam orang diantaranya Ketua Komisi B DPRD Jatim dari fraksi Gerindra Mochammad Basuki, Kadis Pertanian Provinsi Jatim Bambang Heryanto, Kadis Peternakan Provinsi Jatim Rohayati dan tiga staf dalam OTT di Surabaya, Jawa Timur, Senin (5/6/2017). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Surya, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Tjujuk Sunario, berharap Badan Kehormatan DPRD Jatim ikut mengawasi kasus yang menyeret Ketua Komisi B DPRD Jatim, Moch Basuki.

Apabila benar terbukti, Tjujuk meminta adanya ketegasan dari Badan Kehormatan DPRD Jatim untuk segera mengeluarkan sanksi tegas terhadap politikus Partai Gerindra tersebut.

Tjujuk mengaku gundah kasus yang membelit rekan separtainya ini. Ia menyesalkan citra positif yang dibangun DPRD Jatim dengan Pemprov Jatim tercoreng dengan kasus ini.

"Bukan hanya dengan Pemprov saja. DPRD sebenarnya juga bekerjasama dengan KPK sebagai bentuk transparansi kami. Selama ini kerja sama itu sangat baik," tegas Tjujuk kepada Surya, Selasa (6/6/2017).

Sayangnya, opini positif tersebut harus kembali tercoreng dengan adanya kasus tersebut.

"Padahal anggota DPRD di Jatim itu ada seratus orang. Cuma karena satu orang saja, rusak sudah citra positif yang dibangun selama ini," kata politikus Gerindra ini.

Bukan hanya mengharap sanksi tegas dari Badan Kehormatan DPRD, Tjujuk juga meminta anggota dewan lain menjadikan kasus ini sebagai pelajaran.

"Kami harap kasus ini menjadi kali terakhir. Sudahlah kita jangan cari-cari kesempatan menyalahgunakan kewenangan kita. Tak hanya melukai hati rakyat tapi juga merusak citra dewan," ucap dia.

Petugas KPK menyegel ruang Ketua Komisi B DPRD Jatim Moch Basuki, Senin (6/6/2017). Usai disegel petugas KPK mengamankan enam orang diduga terlibat penyuapan pegawai Pemprov Jatim kepada DPRD Jatim.

Keenam orang yang diamankan adalah Moch Basuki, Bambang Heryanto (Kepala dinas Pertanian Jatim), Rohayati (Kepala Dinas Peternakan Jatim), Rahman Agung (staf DPRD Jatim), Santoso (staf DPRD Jatim), dan Anang Basuki Rahmat (Staf Dinas Pertanian Provinsi Jatim).

Staf Tjujuk, M Handoko (Mohan), sebelumnya sempat diamankan petugas KPK. Saat penggelehadan Mohan berada satu ruangan dengan staf Basuki. Ia dibebaskan Selasa pagi karena tak terlibat.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help