Stockpile Batubara Jadi Kendala Kimerogan Jadi Lokasi Wisata Religi

Sebelumnya Kampung Almunawar dinilai sudah berhasil menjadi lokasi wisata dan kemudian dilanjutkan dengan Kampung Kimerogan

Stockpile Batubara Jadi Kendala Kimerogan Jadi Lokasi Wisata Religi
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Kampung Kimerogan yang terdapat Masjid Kiai Muara Ogan yang dimaksimlakan menjadi lokasi wisata religi, bersebelahan dengan stockpile batubara di Kecamatan Kertapati Palembang, Kamis (10/8/2017). 

TRIBUNNEWS.COM,  PALEMBANG - Kampung Kimerogan di Kecamatan Kertapati Palembang yang terdapat masjid bersejarah yakni Masjid Kiai Muara Ogan, cukup sulit  dijadikan lokasi wisata religi.

Ini  lantaran Kampung Kimerogan berdekatannya dengan stockpile batubara yang membuat udara tidak sejuk meskipun berada diinggiran Sungai Musi.

"Memang harus diperbaiki, tidak mungkin bisa menarik wisatawan dari luar untuk masuk (ke Kampung Kimerogan) jika udaranya ada polusi. Jadi memang butuh diperbaiki lagi jika benar-benar ingin menjadi lokasi wisata religi," ujar Ambar Rukmi, Deputi Pengembangan Potensi Masyarakat Kementerian Pariwisata RI, ketika datang dalam kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Kampung Kimerogan Kertapati Palembang, Kamis (10/8/2017).

Ambar mengatakan, kawasan Kimerogan sangat memiliki culture atau kebudayaan yang sangat tinggi untuk menjadi lokasi wisata religi.

Baca: Gowes Pesona Nusantara Hadir di Pulau Pariwisata Religi Manokwari

Terlebih lagi Masjid Kiai Muara Ogan memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi masyarakat.

"Kami sangat mendukung dengan adanya culture dan river yang bisa menjadi wisata religi. Maka itu kami berperan untuk membentuk masyarakatnya dulu untuk menjadi lokasi benar-benar menjadi lokasi wisata religi," ujarnya.

Terkait solusi polusi udara stockpile batubara yang menjadi hambatan bagi kawasan Kampung Kimerogan, apakah harus ada yang yang disingkiran atau solusi lainnya.

Ambar mengatakan solusi yang tepat memang harus seimbang dan sama-sama bermanfaat.

Baca: Jokowi Kunjungi Objek Wisata Religi di Tapanuli Tengah

Halaman
12
Penulis: Welly Hadinata
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved