4000 Kades Se-Indonesia Kumpul di Yogyakarta

Rembug Desa Nasional yang dihadiri oleh 4000 kepala desa se-Indonesia di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul menghasilkan Resolusi Piagam

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Rembug Desa Nasional yang dihadiri oleh 4000 kepala desa se-Indonesia di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul menghasilkan Resolusi Piagam Panggungharjo.

Piagam Panggungharjo ini sebagai titik tunggal semangat Undang-undang Desa nomor 6 tahun 2014 bagi Kepala Desa dalam membangun kemandirian lokal desa.

Kepala Desa Panggungharjo yang juga sebagai tuan rumah, Wahyudi Anggorohadi mengatakan, Rembug Desa nasional ini sebagai ajang konsolidasi dalam meneguhkan kembali semangat pembangunan kawasan pedesaan.

Baca: Pendukung ISIS yang Tertangkap di Pontianak Berencana ke Marawi

Konsolidasi ini juga sebagai pesan positif kepada masyarakat luas, bahwa desa bukan apa yang selama ini dipikirkan.

"Desa tidak lagi lemah, miskin dan korup. Namun sebaliknya, bahwa desa sejatinya mampu membangun kedaulatan," ┬Łujar Wahyudi, Senin (27/11/2017).

Menurut Wahyudi, komponen kesejahteraan yang ada di desa berada pada air bersih, udara bersih dan pangan sehat. Dari tiga komponen ini desa bisa menjadi penentu arah masa depan.

Baca: Pohon Beringin Timpa Bangunan Cagar Budaya di Komplek Kepatihan

Bahkan pihaknya mengajak kepada seluruh kepala desa yang hadir untuk bersama-sama membangun pertumbuhan ekonomi desa, sehingga desa bisa menjadi penentu ekonomi di kawasan regional, nasional bahkan tingkat global.(*)

Editor: Samuel Febrianto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help