Pelaku Penipuan Lewat Facebook Dibekuk Jajaran Polda Bali

IWDA membuat akun palsu untuk memperdayai korban. Satu di antaranya AS, yang telah mentransfer sejumlah uang ke rekening IWDA.

Laporan Wartawan Video Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Seorang pria berinisial IWDA (28) lakukan penipuan melalui akun palsu di Facebook, yang dibuatnya sendiri.

Akibat perbuatan itu, ia mendekam di tahanan Polda Bali, Senin (11/12/2017).

Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, menyampaikan hal itu kepada awak media, Rabu (13/12/2017).

"Pelaku ambil foto-foto dari akun Facebook Wimala Ayu dan meng-upload-nya di akun Facebook palsu atas nama Bintang Ayura. Selanjutnya, akun tersebut memperdayai akun Facebook lain untuk minta sejumlah uang," jelas AKBP Agung Kanigoro.

Kasus ini berawal dari AS yang mendapati akun instagramnya mengunggah foto Wimala Ayu. Ia melihat postingan tersebut.

Wimala Ayu menanyakan dari mana mendapatkan foto tersebut. Kemudian AS mengatakan jika foto itu didapat dari akun facebook Bintang Ayura.

Wimala Ayu melihat banyak foto-fotonya dipakai di sana. Ia lantas melaporkan hal itu kepada Ditreskrimsus Polda Bali.

Dari situ, terungkap bahwa akun Bintang Ayura merupakan akun palsu yang dibyuat IWDA.

IWDA membuat akun palsu untuk memperdayai korban. Satu di antaranya AS, yang telah mentransfer sejumlah uang ke rekening IWDA.

Dari tersangka, polisi mengamankan barang bukti handphone merek Oppo, buku rekening BCA, kartu ATM BCA, STNK Sepeda Motor.

Pelaku dijerat Pasal 32 Jo Pasal 48 atau Pasal 51 Jo Pasal 35 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.(*)

Editor: Willem Jonata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help