Pilkada Serentak

Abdullah Azwar Anas Diminta Tidak Mundur dari Cawagub Jatim

Diakuinya, seorang calon kepala daerah harus memberi suri tauladan kepada masyarakat dan rakyat yang dipimpinnya.

Abdullah Azwar Anas Diminta Tidak Mundur dari Cawagub Jatim
TRIBUN/DANY PERMANA
Bupati Banyuwangi Azwar Anas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dihimbau jangan mundur sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) hanya karena adanya kampanye hitam yang menyerang pribadinya.

"Sebaiknya jangan mundur dari pencalonan hanya karena beredarnya kampanye hitam melalui gambar-gambar tak seronok itu. Sejauh ini kan tak ada bukti valid itu yang digambar dirinya. Biarkan masyarakat yang menilai," kata Dosen Komunikasi FISIP UI Eman Sulaeman Nashim di Jakarta, Minggu (7/1).

Diakuinya,  seorang calon kepala daerah  harus memberi suri tauladan kepada masyarakat dan rakyat yang dipimpinnya. "Tapi kan ada hukum sebagai pegangan. Jadi jangan dahulu melakukan langkah drastis.Tapi buktikan dulu,uji dahulu sesuai prosedur.Jadi jangan tergesa-gesa," katanya.

Menurutnya, sosok Abdullah Awar Anas layak diperhitungkan dalam pertarungan politik di Jawa Timur karena berhasil mengangkat Banyuwangi sebagai kabupaten yang penuh prestasi bahkan beberapa kegiatannya telah masuk agenda internasional.

"Dalam waktu 5 tahun terakhir ini Banyuwangi tumbuh menjadi kabupaten  yang memiliki beberapa prestasi nasional dan internasional,bahkan telah tumbuh menjadi bisnis dan pariwisata unggulan. Ini bisa dilihat dari pertumbuhan industri pariwisata di sana dengan naiknya frekuensi penerbangan internasional dari dan ke Banyuwangi," katanya.

Dikatakannya, melihat banyaknya prestasi ini,tentu daerah akan membutuhkan pemimpin atau kepala daerah yang memiliki kapasitas seperti ini.Termasuk Banyuwangi dan Jawa Timur."Karena itu pula dalan kaitan ini, serahkan saja kepada masyarakat Jawa Timur untuk menilai.Masyarakat akhirnya akan menentukan sendiri," pungkasnya.

Sebelumnya, publik dikejutkan dengan beredarnya dua foto yang mirip dengan Abdullah Azwar Anas yang dianggap tak sesuai dengan adat timur. Bupati Banyuwangi ini pun mengambil langkah drastis dengan mengirimkan surat mengundurkan diri sebagai Cawagub Jatim mendampingi Cagub Saifullah Yusuf.

PDI Perjuangan sebagai salah satu partai pengusung keduanya akan memutuskan nasib Abdullah Azwar Anas pada Minggu (7/1)  ini.

Dalam catatan, serangan kampanye hitam setiap pemilihan umum banyak mewarnai konstetasi politik Indonesia belakangan ini. 

Salah satu yang pernah mengalami kasus mirip Abdullah Azwar Anas adalah Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari yang sekarang dalam status tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kala itu ketika Rita akan maju sebagai calon Bupati Kukar beredar video porno dengan pameran mirip dirinya. Namun, Rita tetap melaju dan bahkan terpilih sebagai orang nomor satu di Kukar dan  membawa kabupaten itu makin modern.

Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved