Nelayan Pantura Dapat Gunakan Cantrang, Ganjar Ucapkan Ini untuk Menteri Susi

Nelayan di perairan Jawa diperbolehkan kembali menggunakan cantrang tapi harus mengikuti beberapa syarat.

Nelayan Pantura Dapat Gunakan Cantrang, Ganjar Ucapkan Ini untuk Menteri Susi
youtube
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti temui nelayan yang berunjuk rasa. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Nelayan di perairan Jawa diperbolehkan kembali menggunakan cantrang tapi harus mengikuti beberapa syarat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berterimakasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang mengizinkan penggunaan cantrang sebagai alat penangkap ikan.

Ditemui di rumah dinasnya di Semarang, Kamis (18/1/2018), Ganjar menceritakan kronologi diperbolehkannya cantrang kembali beroperasi.

Menteri Susi mengumumkan diperbolehkannya penggunaan cantrang di hadapan para nelayan yang berunjukrasa di depan Istana Negara beberapa hari lalu.

Sebelum itu, Menteri Susi sudah membuat kesepakatan yakni pemberian diskresi perpanjangan masa peralihan cantrang di Jateng.

Pemberian diskresi melalui surat Menteri KP nomor: 18/MEN-KP/1/2018 tertanggal 12 Januari 2018.

Surat ini merupakan balasan surat Gubernur Jateng tentang permohonan perpanjangan waktu penggunaan cantrang bernomor 523/0000807 yang dikirim sebelumnya.

"Jadi awalnya saya hubungi Ibu Susi soal cantrang ini, singkatnya beliau setuju dan minta saya kirim surat, maka saya kirim saat itu juga dan langsung dibalas hari yang sama," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, Susi bisa memahami permintaan itu karena Pemprov Jateng menyampaikan data valid. Dari 6.334 kapal di bawah 10 GT, yang sudah mendapatkan bantuan alat tangkap dari pemerintah baru 2.341 kapal atau 36,95 persen. Masih ada 3.993 atau 63,05 persen yang belum mendapatkankannya.

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help