Bupati Balangan Berikan Kesempatan Kepada Putra-putri Terbaik Daerahnya untuk Belajar ke Luar Negeri

Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaiknya untuk belajar ke luar negeri

Bupati Balangan Berikan Kesempatan Kepada Putra-putri Terbaik Daerahnya untuk Belajar ke Luar Negeri
tribunbalangan.com
Bupati Balangan H Ansharuddin saat berbincang langsung dengan Presiden RI Joko Widodo, dalam kesempatan itu ia meminta dua hal. 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaiknya untuk belajar ke luar negeri atau berbagai negara maju untuk meningkatkan sumber daya manusia daerah.

Bupati Balangan H Ansharuddin di Banjarmasin Minggu mengatakan, saat ini beberapa putra-putri terbaik daerah sedang belajar di berbagai negara antara lain China, Saudi Arabia dan beberapa negara lainnya, dengan biaya dari daerah.

"Program peningkatan sumber daya manusia daerah, menjadi salah satu fokus pembangunan saat ini, antara lain dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah, untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa daerah," ungkapnya.

Selain ke luar negeri, pemerintah juga memberikan beasiswa kepada pelajar SLTA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dalam negeri, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan.

Selain beasiswa bagi pelajar, mulai dari SD hingga SLTA dan perguruan tinggi, Pemkab Balangan juga memberikan beasiswa pendidikan kepada para guru, untuk melanjutkan pendidikan, terutama guru yang belum memiliki ijazah sarjana.

"Saya ingin, seluruh guru nantinya berpendidikan setingkat sarjana, jadi tidak ada lagi guru lulusan SLTA," katanya.

Selain memberikan beasiswa, tambah dia, pihaknya kini juga mengembangkan perpustakaan daerah, bahkan hingga pelosok, untuk mendorong masyarakat gemar membaca.

Melalui perpustakaan desa ini, tambah dia, diharapkan masyarakat akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan dengan lebih mudah.

Upaya lainnya, tambah dia, adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat, baik itu ibu rumah tangga, UMKM, calon pencari kerja, sehingga mereka mendapatkan pelatihan ketrampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Sebelumnya, Bupati Balangan melaksanakan pertemuan dengan pimpinan media massa lokal, baik cetak, elektronik maupun media dalam jaringan, untuk memaparkan pencapaian program Pemkab Balangan, selama dua tahun kepemimpinannya.

Menurut bupati, selama dua tahun kepemimpinannya, masih banyak program yang harus disesuaikan dengan visi misi pemerintah.

Akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Balangan tahun 2017, tambah dia, meraih predikat CC, yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kenapa mendapat CC, karena beberapa program SKPD belum sesuai dengan visi misi daerah, untuk itu kita akan mempertajam program-program yang ada, sehingga ke depan sudah mendapatkan nilai B," jelasnya.

Pada kesempatan itu, bupati didampingi oleh seluruh kepala dinas SKPD Balangan, tim media dari Jakarta, tim hukum dan seluruh pihak terkait.

Bupati berjanji, untuk tiga tahun ke depan, pihaknya akan mempertajam seluruh program peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai visi dan misi saat mencalon.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved