Puluhan Santri Dilarikan ke Puskesmas, Diduga Keracunan Obat

Santri yang dirawat di Puskesmas Kadur, rata-rata mengalami pusing, sakit perut, muntah-muntah hingga tidak sadarkan diri

Puluhan Santri Dilarikan ke Puskesmas, Diduga Keracunan Obat
Istimewa
Ilustrasi keracunan. Korban keracunan dan makaroni yang diduga penyebab keracunan terhadap 22 siswa SD di Kabupaten Indramayu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puluhan santri di Pondok Pesantren AL Falah Sumber Gayam, Desa Kadur, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan dilarikan ke Puskesmas Kadur, pada Minggu (11/2/2018) karena diduga mengalami keracunan obat setelah suntik imunisasi difteri.

Santri yang dirawat di Puskesmas Kadur, rata-rata mengalami pusing, sakit perut, muntah-muntah hingga tidak sadarkan diri.

Pengurus Pesantren Al Falah Hanifus Zayyad menjelaskan, gejala santri yang keracunan mulai terasa sejak Sabtu (10/2/2018) sore kemarin. Menjelang malam, sudah ada santri yang dibawa ke Puskesmas.

"Santri yang mengalami keracunan sekarang semakin banyak. Hampir 60 orang," terang Hanifus Zayyad.

Menurut dia, kuat dugaan penyebab keracunan massal merupakan akibat dari suntik imunisasi difteri.

Penyuntikan di Pesantren Al Falah rencananya akan dilakukan pada hari Senin (12/2/2018). Namun pihak rumah sakit datang hari Sabtu.

"Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, tiba-tiba penyuntikan dilaksanakan Sabtu kemarin," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey masih belum bisa dimintai keterangan terkait peristiwa ini.

Ismail yang datang ke Puskesmas Kadur menghindari wartawan yang ingin meminta konfirmasi kejadian. (Kompas.com/Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Diduga Keracunan, Puluhan Santri di Pamekasan Dilarikan ke Puskesmas

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help