Cerita Gubernur Aceh Saat Mesin Pesawat yang Dipilotinya Mati dan Mendarat Darurat di Pantai

Sabtu (17/2/2018) malam, sekira pukul 20.00 WIB, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menggelar jumpa pers di Pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh.

Cerita Gubernur Aceh Saat Mesin Pesawat yang Dipilotinya Mati dan Mendarat Darurat di Pantai
Istimewa
Kondisi pesawaf Eagle One milik Irwandi Yusuf yang jatuh di kawasan Aceh Besar, Sabtu (17/2/2018) 

TRIBUNNEWS.COM -- Sabtu (17/2/2018) malam, sekira pukul 20.00 WIB, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menggelar jumpa pers di Pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh.

Dalam konferensi pers itu, Irwandi menceritakan kronologis kejadian yang dialaminya bersama Asisten II Pemerintah Aceh, Taqwallah sehingga pesawat harus mendarat darurat di Pantai Lam Awe, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Irwandi menyebutkan, sebelum dirinya mengambil keputusan untuk mendarat darurat, ternyata pesawat yang dipilotinya itu sempat dua kali mati mesin. Kejadian mati mesin pertama dialami di atas Leupueng, Aceh Besar.

“Saya terbang pada ketinggian 3.500 kaki, tiba di atas Leupueng, mendadak mesinnya ngadat (mati). Penyebabnya, karena bahan bakarnya tidak naik,” kata Irwandi.

Baca: Pernikahan Anak Bos Batubara Bak Dongeng Cinderella, Dari Mobil Roll Royce Hingga Via Vallen

Dirinya mengetahui bahan bakarnya tidak naik, karena baling-baling pesawat mulai lemah atau menurun putarannya. “

Bunyi pesawat pun seperti kita dorong mobil mogok yang nggak hidup-hidup, bahan bakarnya ada tapi kering,” cerita Irwandi.

Ia terus berusaha agar bahan bakar pesawat mengalir kembali. “

Saya bilang ke Pak Taqwa, ‘Pak Taqwa mesin ada masalah, kita harus mendarat darurat’ saya bilang begitu sambil tunjuk ke arah pantai.” jelas Irwandi.

Tiba-tiba, kata Irwandi, mesin menyala kembali, kemudian ia coba terbang di atas 2.000 kaki dan berusaha untuk terus terbang ke Lanud SIM, Blangbintang, Aceh Besar. Sesampai di atas Lhoknga, Irwandi melapor ke Air Traffic Control (ATC) atau pemandu lalu lintas udara di Bandara SIM.

Pesawat gubrnur aceh irwandi yusuf, eagle one ,mengalami crash dan mendarat daruta di kawasan pantai Lam Awe Aceh Besar, kondisi gubernur irwandi yusuf dilaporkan selamat.(Daspriani Y Zamzami)
Pesawat gubrnur aceh irwandi yusuf, eagle one ,mengalami crash dan mendarat daruta di kawasan pantai Lam Awe Aceh Besar, kondisi gubernur irwandi yusuf dilaporkan selamat.(Daspriani Y Zamzami) (Daspriani Y Zamzami)
Halaman
12
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help