36 Tahun Mengabdi, Pak Guru Sigit Tolak Jadi Kepala Sekolah, Pilih Tiap Pagi Seberangkan Siswa

Siapa yang tidak ingin karirnya naik hingga derajatnya di mata manusia meningkat. Beragam fasilitas dan tunjangan jabatan yang menggiurkan pasti

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNNEWS.COM, PURBALINGGA - Siapa yang tidak ingin karirnya naik hingga derajatnya di mata manusia meningkat. Beragam fasilitas dan tunjangan jabatan yang menggiurkan pasti akan mengikuti.

Tak ayal, sebagian orang bahkan rela menghalalkan beragam cara untuk mendapatkannya.

Namun prinsip demikian tidak berlaku bagi Dwi Mulyanto Sigit (59), guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah 36 tahun mengabdikan dirinya sebagai pengajar di SD N 2 Kedungmenjangan Purbalingga.

Dengan kualifikasi yang dia miliki, bukan hal sulit bagi Sigit untuk memperoleh jabatan tinggi di sekolah maupun kedinasan. Namun ia memilih tetap menjadi guru kelas di sekolahnya hingga pensiun nanti.

Alasannya tidak lazim. Sigit hanya ingin istikamah menyeberangkan siswa-siswanya menuju sekolah.

Ia tak ingin amalan yang telah ia jalankan lebih dari 25 tahun itu terputus gara-gara mengejar karir.

Sigit tak pernah menyesali pilihannya. Ia tidak menaruh iri pada teman atau adik angkatannya yang kebanyakan sudah menjadi kepala sekolah, Kepala UPT, hingga Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga.

Sementara ia masih guru kelas biasa. Setiap pagi buta, ia setia menjalani rutinitas menyeberangkan siswa, berjibaku dengan lalu lintas kendaraan dan udara yang kotor di jalan raya.

Ia seakan tak peduli wibawanya jatuh gegara mengerjakan hal yang biasa dilakukan karyawan rendahan.

Namun begitulah pilihan hidup Sigit. Ia sudah membuang jauh hasrat keduniaannya. Harta dan pangkat tak membutakan hatinya untuk merawat kebaikan.

"Sepertinya memang naif ya, ada kesempatan karir tapi saya gak minat hanya demi bisa menyeberangkan siswa. Tapi itulah pilihan hidup saya,"katanya.(*)

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved