Poltracking Sebut Midji-Norsan Unggul Telak dalam Survei Pilgub Kalbar

Klaster survei ini menjangkau seluruh 12 kabupaten dan 2 kota di seluruh Provinsi Kalimantan Barat.

Poltracking Sebut Midji-Norsan Unggul Telak dalam Survei Pilgub Kalbar
Tribun Pontianak
Calon Gubernur Kalbar dan Calon Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Ria Norsan saat berkampanye di tengah masyarakat Kalbar beberapa waktu lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyampaikan rilis survei terbarunya terkait Peta Kekuatan Elektoral Cagub-Cawagub Kalimantan Barat (Kalbar) 2018.

Dari hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul telak dibanding pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot dan pasangan Milton Crosby – Boyman Harun.

Terkait dengan elektabilitas, pasangan Sutarmidji-Ria Norsan meraih 53.5%, disusul pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot 32.3% dan pasangan Milton Crosby – Boyman Harun 5.4%.

Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyampaikan rilis survei terbarunya terkait Peta Kekuatan Elektoral Cagub-Cawagub Kalimantan Barat (Kalbar) 2018. Dari hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul telak dibanding pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot dan pasangan Milton Crosby – Boyman Harun.
Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyampaikan rilis survei terbarunya terkait Peta Kekuatan Elektoral Cagub-Cawagub Kalimantan Barat (Kalbar) 2018. Dari hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul telak dibanding pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot dan pasangan Milton Crosby – Boyman Harun. ()

Di sisi lain, ada sebanyak 8.8% responden yang tidak memberikan jawaban (undecided voters).

“Ada banyak variabel yang menyebabkan seorang kandidat beserta pasangannya dapat menggungguli pasangan yang lainnya. Kerja-kerja terstruktur, masif, dan sistematis yang dilakukan secara konsisten oleh pasangan kandidat, mesin relawan, partai, dan penampilan dalam debat publik menjadi faktor menentukan," kata Peneliti Poltracking Indonesia, Hendra Yasin, sebagaimana dikutip Tribun, Rabu (14/6/2018).

Selain soal elektabilitas, temuan survei ini juga menjelaskan peforma debat kedua cagub-cawagub Kalbar pada tanggal 5 Mei 2018.

Baca: Geliat Ekonomi di Balik Pilkada - JEJAK KASUS

Pasangan Sutarmidji - Ria Norsan unggul dalam 3 (tiga) aspek mulai dari cara berkomunikasi (50%), penguasaan masalah (63.4%), dan program kerja (58.7%).

Diikuti pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot 31.5% untuk cara berkomunikasi, 20.4% terkait penguasaan masalah, dan 19.6% dalam konteks program kerja.

Sementara, pasangan Milton Crosby – Boyman Harun meraih 9.8% terkait cara berkomunikasi, 4.3% untuk penguasaan masalah, dan 8.7% dalam konteks program kerja.

Hendra juga menjelaskan, temuan survei ini mengungkap penampilan (peforma) terbaik dalam debat kedua calon gubenur - wakil gubernur Kalimantan Barat, bahwa pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul (60.2%), diikuti pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot (28%), dan Milton Crosby – Boyman Harun (7.5%).

Berdasarkan data elektabilitas dan peforma debat pada survei ini, maka, pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul dibanding dua pasangan lainnya yakni Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot dan Milton Crosby – Boyman Harun”, ungkap Hendra.

Survei ini diselenggarakan survei pada 25-30 Mei 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sample dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error (MoE) 2.89% pada tingkat kepercayaan 95%.

Klaster survei ini menjangkau seluruh 12 kabupaten dan 2 kota di seluruh Provinsi Kalimantan Barat.

Penulis: Dhita Mutiasari

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help