Pj Gubernur Jabar Hadiri Pengukuhan Pengurus APPSI

Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI)

Pj Gubernur Jabar Hadiri Pengukuhan Pengurus APPSI

Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Pengukuhan dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo.

Acara pengukuhan ini dirangkaikan dengan Rapat Kerja APPSI dan Halal Bihalal Mendagri bersama Gubernur se-Indonesia ini serta digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (2/7/18).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Nomor: 008/APPSI/V/2018 tentang Penyempurnaan Kepengurusan APPSI. Susunan Dewan Pengurus APPSI, yaitu:

jabafr
  • Ketua Umum: Gubernur Jawa Timur Soekarwo,
  • Wakil Ketua Umum: Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola,
  • Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan: Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno,
  • Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,
  • Anggota/Koordinator Wilayah Jawa: Gubernur Banten Wahidin Halim,
  • Anggota/Koordinator Wilayah Sumatera: Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun,
  • Anggota/Koordinator Wilayah Kalimantan: Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran,
  • Anggota/Koordinator Wilayah Indonesia Timur: Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa APPSI harus berperan dalam memperkuat sinergitas dan konektifitas antardaerah. APPSI sangat strategis, terutama terkait koordinasi kebijakan antardaerah. Misal masalah logistik pangan atau manajemen pengelolaan sumber daya air.

jabafr

"Pentingnya forum ini (APPSI) untuk koordinasi, membangun sinergi dan konektifitas antardaerah," ujar Tjahjo.

Dengan begitu, APPSI diharapkan menjadi wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional. Hal itu bisa dilakukan melalui pengelolaan pemerintah provinsi dan pengelolaan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuannya yaitu untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab untuk menyukseskan program otonomi daerah (otda).

Sementara itu, Ketua Umum APPSI Soekarwo mengungkapkan bahwa pegukuhan tersebut mempunyai makna APPSI harus terus meningkatkan tugas dan fungsinya sebagai organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antarprovinsi. Selain itu, APPSI juga menjadi wadah penghubung antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help