Sebelum Beraksi, Bocah yang Panjat Tiang Bendera Sempat Sakit dan Dibawa ke Tenda Medis

Saat insiden tali bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera, Yohanes sedang dirawat oleh petugas medis akibat pingsan.

Sebelum Beraksi, Bocah yang Panjat Tiang Bendera Sempat Sakit dan Dibawa ke Tenda Medis
Twitter @Kemlu_RI
Joni, bocah yang panjat tiang bendera saat upacara Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Pos Lintas Batas, Atambua, NTT 

TRIBUNNEWS.COM - Aksi Yohanes Ande Kala Marcal (13) alias Joni yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali bendera yang tersangkut saat upacara peringatan HUT ke-73 RI di Pantai Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi viral di media sosial.

Kakak kandung Yohanes, Siquito Humberto Marcal mengatakan, aksi yang dilakukan adik bungsunya itu dilakukan secara spontan.

"Pada saat tali bendera terlepas dan tersangkut, ada beberapa orang yang kemudian mengatakan siapa yang bisa panjat tiang bendera. Mendengar itu, adik saya langsung menuju tiang bendera dan langsung panjat,"ungkap Siquito kepada Kompas.com, Sabtu (18/8/2018) pagi.

Menurut Siquito, saat insiden tali bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera, Yohanes sedang dirawat oleh petugas medis akibat pingsan.

Mendengar ada permintaan tersebut, Yohanes yang berada di tenda medis di tempat upacara, langsung bergerak menuju tiang bendera dan melakukan aksinya.

Baca: Bocah yang Panjat Tiang Bendera di Atambua Dapat Beasiswa Hingga Jenjang S1

Siquito mengaku, Yohanes sudah sering memanjat pohon di dekat rumahnya usai pulang sekolah.

"Joni ini kalau di rumah, setelah pulang sekolah, dia membantu orang tua, dengan mencari buah asam untuk dijual. Pohon asam yang tinggi, bisa dipanjatnya," ucapnya.

Dengan kebiasaan itu. kata Siquito, adiknya berani untuk memanjat tiang bendera yang tingginya sekitar 15 meter.

Yohanes merupakan pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan.

Halaman
12
Editor: Diah Ana Pratiwi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help