Warga Tepus Resah Ribuan Kera Ekor Panjang Menyerang dan Jarah Ladang Pertanian

Ribuan kera ekor panjang menyerbu ladang pertanian milik warga Desa Tepus, Kecamatan Tepus dan menjarah berbagai tanaman yang ditanam oleh para petani

Warga Tepus Resah Ribuan Kera Ekor Panjang Menyerang dan Jarah Ladang Pertanian
Tribun Jogja/Wisang Seto
Kera ekor panjang bergelantungan didekat area ladang pertanian warga desa Tepus, Kecamatan Tepus, Jumat (7/9/2018). TRIBUN JOGJA/WISANG SETO P 

Laporan Calon Reporter Tribun jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNNEWS.COM, GUNUNGKIDUL - Ribuan kera ekor panjang menyerbu ladang pertanian milik warga Desa Tepus, Kecamatan Tepus dan menjarah berbagai tanaman yang ditanam oleh para petani, Jumat (7/9/2018).

Kepala Desa Tepus Supardi saat ditemui Tribun Jogja mengatakan tidak hanya ratusan kera yang menjarah tanaman petani tetapi mencapai ribuan kera ekor panjang.

"Jumlahnya mencapai ribuan, suaka marga satwa melindungi kera ekor panjang tetapi bagi kami kera ekor panjang sangat mengganggu petani," katanya.

Pada musim kemarau kali ini tanaman petani yang menjadi sasaran kera ekor panjang adalah tanaman seperti ketela, jagung, dan kacang-kacangan.

Baca: Keluarga Meisya Siregar Layangkan Gugatan ke PN Bandung Pertahankan Rumah Orang Tua

"Bahkan petani sampai menanam pohon lainnya seperti sengon laut untuk menghindari serangan kera ekor panjang. Tetapi tetap saja pucuk tanaman dimakan oleh kera ekor panjang, sehingga petani bingung mau menanam apa," katanya.

Saat ini menurutnya petani hanya bisa menunggu tanaman ladangnya pada saat pagi hingga sore hari.

"Saat ini solusinya ya petani hanya menunggui saja tanamannya, saat petani lengah seperti saat pagi hari tanaman sudah pada dimakan kera ekor panjang, bahkan kera ekor panjang masuk ke rumah-rumah mencari makan," katanya.

Pihaknya berharap agar segera ada solusi untuk menangani ekspansi kera ekor panjang agar tidak mengganggu masyarakat terutama petani.

"Inginnya kera yang ada disini dikumpulkan lalu diserahkan ke kebun binatang atau dilepaskan di Hutan Bunder karena disana merupakan hutan lindung," tuturnya.

Ia mengatakan petani sudah mencoba untuk menanam jambu yang ditujukan untuk pakan kera tetapi gagal kera justru memakan tanaman lainnya.

Baca: Mengintip dan Rekam Tetangganya saat Mandi, Seorang Pemuda Terancam 5 Tahun Penjara

"Selain kera ekor panjang, landak juga menjadi hama di tempat kami, begitu juga dengan kera ekor panjang. Landak juga hewan dilindungi kami tidak bisa memburunya," terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan saat ini belum ada laporan terkait kerusakan lahan pertanian yang disebabkan oleh kera ekor panjang.

"Saat ini belum ada laporan dari petani terkait kera ekor panjang yang menyerang ladang petani. Tetapi dulu pernah kami ajarkan untuk mengatasi kera ekor panjang yaitu dengan menanam buah buahan. Masyarakat seharusnya bisa belajar dengan menjaga habitat alam kera ekor panjang," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Ribuan Kera Ekor Panjang Serang Ladang Pertanian di Tepus Gunungkidul

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved