Tulungagung Hasilkan 56 Ton Ikan Patin per Hari

Area kolam budidaya ikan patin di Tulungagung melonjak tajam dalam dua tahun terakhir. Jika sebelumnya hanya lima hingga enam hektar, ini menjadi 60 h

Tulungagung Hasilkan 56 Ton Ikan Patin per Hari
surabaya.tribunnews.com/david yohanes
Pekerja fillet patin di Dinas Perikanan Tulungagung. 

TRIBUNNEWS.COM - Area kolam budidaya ikan patin di Tulungagung melonjak tajam dalam dua tahun terakhir. Jika sebelumnya hanya lima hingga enam hektar, ini menjadi 60 hektar.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Tatang Suhartono, dalam satu hari Kabupaten Tulungagung menghasilkan 56 ton ikan patin.

Dari total produksi itu, 12 ton di antaranya diolah menjadi fillet (daging ikan tanpa tulang). Produksi patin fillet ini dilakukan di tempat produksi Dinas Perikanan, yang ada di bagian belakang kantor.

“Pabriknya ini dulu bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pengelolaannya diserahkan ke pihak ke-3,” tutur Tatang, Senin (10/9/2018).

Pabrik fillet ikan ini dikelola oleh PT Mina Perkasa dari Kecamatan Besuki. Perusahaan ini adalah yang ketiga yang mengelola pabrik ini.

Pabrik ini mempekerjakan 74 orang, semuanya diambil dari warga sekitar.

“Perusahaan ini wajib menyetor PAD (pendapatan asli daerah, red) sesuai kerjasama yang sudah disepakati. Semuanya diatur melalui Peraturan Daerah,” tambah Tatang.

Sebelumnya pabrik ini mempunyai kapasitas produksi hanya 4 ton per hari. Namun karena tingginya permintaan patin fillet, kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 12 ton per hari.

Kapasitas produksi ini masih mencapai kurang dari 60 persen dari total permintaan pasar.

Karena itu Tatang berusaha menggenjot produksi, agar bisa memenuhi seluruh permintaan patin fillet yang masuk.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help